Analisis Framing Media Vice Indonesia dalam Wacana Polemik Poligami di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Dimas Ayu Nur (2019) Analisis Framing Media Vice Indonesia dalam Wacana Polemik Poligami di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Ayu Nur Aini_B91215084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Vice Indonesia membingkai wacana poligami dalam video bertajuk “Polemik Poligami di Indonesia: Berbagi Surga.” Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif kualitatif deskriptif analisis kritis teks media. Analisis media kritis yang digunakan dalam penelitian ini menganut paradigma konstruktivisme, yang lebih lanjut merupakan tataran pada analisis framing. Menggunakan pendekatan analisis kritis teks media, secara lebih spesifik peneliti akan menggunakan metode analisis framing dengan model analisis milik Robert N Entman. Jika mengacu pada konteks penelitian, penelitian ini melalui beberapa tahapan sesuai alat analisis model Robert N Entman, antara lain define problem yakni mengenai bagaimana pandangan Vice Indonesia mengenai wacana poligami dalam konten beritanya “Polemik Poligami di Indonesia: Berbagi Surga”; diagnose causes yakni mengenai penyebab adanya poligami dalam konteks video tersebut; make moral judgement atau menganalisa nilai moral apa yang ingin ditampilkan Vice Indonesia melalui konten tersebut; serta treatment recommendation yakni solusi atau penyelesaian masalah yang ditawarkan Voce Indonesia. Setelah melakukan analisa menggunakan model Robert N Entman, peneliti menemukan bahwa melalui video berdurasi 24 menit tersebut, Vice Indonesia bermaksud membingkai dan membangun pandangan untuk kontra terhadap poligami dengan legitimasi teori feminisme liberal. Konstruksi wacana yang dilakukan Vice Indonesia terlihat melalui pemilihan narasumber dan penggiringan narasi yang mengarah pada pendefinisian masalah, perkiraan sumber masalah, pembuatan keputusan moral, sampai dengan pembuatan solusi. Dari rangkaian proses di atas, Vice Indonesia juga ingin menekankan bahwasannya Islam menganjurkan monogami untuk mencapai kemaslahatan dalam rumah tangga. Melalui penelitian ini, peneliti berharap Video jurnalistik sebagai media massa mampu memberikan pesan dan pengaruh positif bagi audiensnya dan berharap penelitian sejenis yang akan datang dapat memberikan penyajian data yang lebih lengkap dan terperinci serta berkontribusi lebih baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan dimasa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Dimas Ayu Nurdimasayunuraini@gmail.com22031997
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, PrihanantoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Gender
Poligami
Keywords: Framing Media; Vice Indonesia; Poligami; Feminisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aini Dimas Ayu Nur
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:40
Last Modified: 14 Aug 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item