Peran Bimbingan Pranikah Dan Dampaknya Dalam Keharmonisan Keluarga Di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millati, Silma (2019) Peran Bimbingan Pranikah Dan Dampaknya Dalam Keharmonisan Keluarga Di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silma Millati_F52917269.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang bimbingan pranikah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk. Bimbingan perkawinan dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan, peningkatan pemahaman, dan keterampilan tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga agar terbentuk keluarga saki@nah, mawaddah}, warohmah}. Bimbingan Pranikah ini diberikan kepada calon pengantin sebelum melangsungkan akan nikah. Penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep Bimbingan Pranikah di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk?, 2) Bagaimana strategi Bimbingan Pranikah di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk?, 3) Bagaimana peran Bimbingan Pranikah dalam keharmonisan keluarga?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu, sumber dana primer yaitu data yang diperoleh langsung dari informan yaitu 5pasang/10 orang yang mengikuti Bimbingan Pranikah dan 5 pasang/10 orang tidak mengikuti Bimbingan Pranikah di Kabupaten Nganjuk. sedangkan sumber sekunder dihasilkan dari dokumen-dokumen penting yaitu peserta Bimbingan Pranikah, materi tentang Bimbingan Pranikah, buku-buku tentang Bimbingan Pranikah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah adalah dokumen, observasi, wawancara. Teknik pengolahan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah editing, Organiting (Classifying), Analiting. Teknik analisi data yang dilakukan adalah mendapat data dari sumber primer dan sumber sekunder, kemudian melakukan analisis deskriptif untuk menggambarkan fakta sesuai kondisi lapangan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peserta Bimbingan Perkawinan di Kabupaten Nganjuk adalah mereka yang sudah terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) tetapi belum melangsungkan perkawinan. Fakta yang ada setelah mengikuti Bimbingan Pranikah, kepercayaan diri masing-masing pengantin meningkat karena mendapat materi-materi seperti perencanaan perkawinan menuju keluarga sakinah, mengelola dinamika perkawinan dan keluarga, pemenuhan kebutuhan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi, menyiapkan generasi yang berkualitas, dan mengelola konflik serta membangun ketahan keluarga. Sehingga mereka yangmengikuti bimbingan pranikah merasa lebih siap menjalani kehidupan keluarga, peran bimbingan pranikah sangat menentukan keharmonisan keluarga. Bimbingan Pranikah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk sangat efektif untuk memberikan modal bagi pengantin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millati, Silmasilmamillati12@gmail.comF52917269
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul BasithUNSPECIFIED197110212001121002
Subjects: Bimbingan
Perkawinan
Keywords: Peran Bimbingan Pranikah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Millati Silma
Date Deposited: 15 Aug 2019 01:52
Last Modified: 15 Aug 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34986

Actions (login required)

View Item View Item