Pemberdayaan ekonomi perempuan desa prancak pasongsongan untuk mewujudkan desa damai

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shafiyatun, Shafiyatun (2019) Pemberdayaan ekonomi perempuan desa prancak pasongsongan untuk mewujudkan desa damai. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shafiyatun_F02417146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren adalah sebuah institusi pendidikan keagamaan tertua yang khas Indonesia (indigenous) dan berkembang secara swadaya dalam masyarakat. Keberadaan pesantren yang umumnya berada di tengah-tengah masyarakat pedesaan menjadikan pesantren berpotensi strategis sebagai agen perubahan sosial. Pesantren dapat menjadi pusat pengembangan ekonomi dan bekerja untuk mengatasi kebutuhan masyarakat dengan kekuatan masyarakat sendiri. Penelitian ini bertuajuan untuk mengalisa peran Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah dalam pemberdayaan ekonomi perempuan Desa Prancak Pasongsongan dan dampak pemberdayaan ekonomi perempuan Desa Prancak Pasongsongan terhadap terbentuknya desa damai.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan fenomenolog yang bertujuan melihat fenomena pada objek penelitian yang temuannya tidak berupa angka-angka, tetapi berupa data, gambar, atau kata-kata. Informan kunci dalam penelitian ini adalah staff Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah dan Ketua kelompok wirausaha perempuan desa Prancak Pasongsongan. Pondok Pesantren Annuqayah yang merupakan salah satu pondok pesantren tertua dan besar di kabupaten Sumenep timur telah mengamanahi BPM-PPA untuk melakukan gerakan pengembangan masyarakat sejak awal berdirinya pada tahun 1978, termasuk upaya penguatan ekonomi masyarakat. Peran Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah untuk menguatkan ekonomi masyarakat yaitu melalui pemberdayaan ekonomi perempuan yang kemudian disebut dengan program desa damai. Dalam penelitian ini, penulis menganalisa pemberdayaan ekonomi perempuan desa Prancak Pasongsongan. Peran Biro Pengabdian Masyarakat dalam program ini yaitu memberikan dampingan, Pengembangan dan pelatihan terhadap kelompok wirausaha perempuan desa Prancak Pasongsongan guna untuk mengembangkan usahanya dan untuk membantu suami yang hanya memiliki penghasilan musiman. Dengan terbentuknya desa damai ini, bukan hanya berdampak ke ekonomi keluarga, tetapi juga berdampak kedapa keamanan dan kedamaian desa.
Kata Kunci : Peran Pesantren, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Desa Damai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shafiyatun, Shafiyatunshopie94@gmail.comF02417146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSirajul, ArifinUNSPECIFIED197005142000031001
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Peran Pesantren : Pemberdayaan Ekonomi Perempuan : Desa Damai.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shafiyatun Shafiyatun
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:49
Last Modified: 14 Aug 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34993

Actions (login required)

View Item View Item