Gerakan pemberontakan Mukhtar bin Abu Ubaid bin Mas’ud Ats- Tsaqafi di Kufah pada tahun 66 - 67 H

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vidiyawati, Lisna (2019) Gerakan pemberontakan Mukhtar bin Abu Ubaid bin Mas’ud Ats- Tsaqafi di Kufah pada tahun 66 - 67 H. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisna Vidiyawati_A92215041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana riwayat hidup Mukhtar ats-Tsaqafi? (2) Bagaimana latar belakang terjadinya pemberontakan Mukhtar ats-Tsaqafi serta penumpasannya ? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan politik dan teori konflik sedangkan penyusunannya menggunakan metode penelitian sejarah : yaitu proses menguji dan menganalisis kesaksian sejarah guna menemukan data yang orisinil serta otentik dan dapat dipercaya untuk merekronstruksi sejarah masa lampau. Data yang didapat melalui penelusuran dokumen yang terkait, baik ditulis oleh sejarawan sezaman atau sejarawan kontemporer. Pengambilan data tersebut sesuai dengan tema yang diambil dan dianalisis untuk memeperoleh data yang yang sesuai untuk selanjutnya ditulis. Sedangkan teori yang digunakan ialah teori Konflik menurut Ibnu Khaldun. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Mukhtar ats-Tsaqafi terlahir di Thaif, Ia adalah sosok yang pemberani dan cerdas dalam memahami situasi dalam peperangan. Banyak kontroversi mengenai sifat Mukhtar ats-Tsaqafi yang di antara mereka ada yang menyanjung dan memujinya di sisi lain ada pula yang memperolok mengatakan bahwa Ia adalah orang yang licik, haus akan kekuasaan serta pembohong. (2) Latar belakang munculnya pemberontakan Mukhtar ats-Tsaqafi ialah untuk menuntut balas dendam atas kematian Imam Husein dan Ahlul Bait namun pada akhirnya gerakan ini dapat ditumpas oleh Mush’ab bin Zubair, seorang gubernur yang merupakan saudara dari Abdullah bin Zubair.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vidiyawati, LisnaVeedia2815@gmail.comA92215041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, AliUNSPECIFIED195206171981031002
Subjects: Biografi
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pemberontakan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Vidiyawati Lisna
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:22
Last Modified: 15 Aug 2019 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35005

Actions (login required)

View Item View Item