Manifestasi living qur’an: studi amaliyah tarikat qādiriyah al- anfāsiyah wa al- junaidiyah (di Pesantren Baitul Mutashawif di Desa Kepunten Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukman (2019) Manifestasi living qur’an: studi amaliyah tarikat qādiriyah al- anfāsiyah wa al- junaidiyah (di Pesantren Baitul Mutashawif di Desa Kepunten Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo). Masters thesis, uin sunan ampel surabaya.

[img] Text
Lukman Hakim_F02517167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tesis ini membahas tentang bagaimana ayat al Qur’an yang hidup dalam masyarakat atau di sebut juga dengan istilah Living Qur’an. Dalam hal ini penulis membahas tentang “Manifestasi Living Qur’an : Studi Amaliyah Tarikat Qadiriyah al Anfasiyah wa al Junaidiyah di Pesantren Baitul Mutashawif di Desa Kepunten Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Penulis sendiri dalam penelitian ini melakukan penelitian terhadap ayat ayat al Qur’an yang di amalkan dalam tarikat ini terdapat dalam pembacaan tawasul, amalan taqarub, amalan khalwat, amalan untuk kepribadian para murid atau salik, dan amalan tahunan. Ayat ayat al Qur’an digunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.Fokus pembahasan dari penelitian tesis ini ialah terkait dengan bagaimana manifestasi living Qur’an terhadap amalan tarikat, bagaimana pemahaman murysid terhadap amalan tarikat, dan bagaimana implikasi terhadap semua jama’ah tarikat tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ayat al Qur’an di gunakan sebagai amalan tarikat untuk digunakan sebagai amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah untuk mencapai derajat tinggi , sebagai ketenangan dan ketentraman jiwa, sebagai pagar rumah, sebagai kewibawaan, sebagai upaya untuk mendapatkan ilmu ilmu hikmah, sebagai penyucian jiwa, sebagai keselamatan dunia akhirat dalam satu tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmancaktakim18@gmail.comF02517167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDRiyadi, Abd. KhadirUNSPECIFIED197008132005011003
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hakim Lukman
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:23
Last Modified: 14 Aug 2019 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35014

Actions (login required)

View Item View Item