PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERAN ANGGOTA KELUARGA DENGAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Lu’luk Il (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERAN ANGGOTA KELUARGA DENGAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS II MI ROUDLOTUL ULUM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa memiliki hasil belajar yang rendah pada materi peran anggota keluarga. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, diambil tindakan pembelajaran dengan penerapan strategi Crossword puzzle yang dilakukan dengan 2 siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi crossword puzzle dalam pembelajaran IPS materi peran anggota keluarga II MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada peran materi anggota siswa kelas II MI Roudlotul Ulum Kebonsari Candi Sidoarjo setelah penerapan strategi crossword puzzle.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa kelas II MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjotahun ajaran 2014-2015. Tindakan yang diberikan adalah strategi crossword puzzle sebanyak dua siklus (siklus I dan II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes hasil belajar, penilaian sikap dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi aktifitas guru dan siswa, pedoman wawancara, butir soal, rubrik penilaian proses aktifitas siswa dan lembar dokumentasi. Uji validasi dilakukan oleh expert judgment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan strategi crossword puzzle telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai aktifitas guru pada siklus I adalah 82.75 meningkat menjadi 90.74 pada siklus II. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I adalah 84.2 meningkat menjadi 86.84 pada siklus II. 2) pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 68.42% dengan nilai rata-rata kelas 84.47. 3) Terjadi peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 94.74% dengan nilai rata-rata kelas 88.42

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Lu’luk IlUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Crossword Puzzle; Pembelajaran IPS; Peran Anggota Keluarga.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 01:11
Last Modified: 19 Jan 2016 01:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item