Pengaruh Kajian Rutin Ba'da Maghrib terhadap Peningkatan Akhlak Jamaah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Mawaddah Ainur (2019) Pengaruh Kajian Rutin Ba'da Maghrib terhadap Peningkatan Akhlak Jamaah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawaddah Ainur Rochmah_B91215062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari kajian rutin ba’da maghrib terhadap peningkatan akhak jamaah masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menjadikan jamaah masjid Nasional Al-Akbar Surabaya sebagai sampelnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dimana semua individu dalam populasi dapat dipilih sebagai sampel, karena populasi yang diambil hanyalah jamaah yang mengikuti kajian rutin ba’da maghrib yang berjumlah 250 jamaah maka digunakan pengambilan sampel model Suharsimi Arikunto yang mana pengambilan sampel 25% dari 250 yakni 60 sampel atau 60 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan data pendukung lainnya diperoleh dari kepustakaan. Uji validias diperoleh dari hasil analisis pengukuran instumen menggunakan skala guttman. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengolahan data menggunakan program spss versi 16 for windows dengan analisis data chi kuadrat dengan signifikansi sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang mempengaruhi antara kajian rutin ba’da maghrib terhapad peningkatan akhlak jamaah masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dengan koefisien Asym.Sig hitung lebih kecil dari pada r tabel (0,158 ˂ 0,254) yang berarti berpengaruh. Terdapat pengaruh yang positif bagi jamaah masjid Nasional Al-Akbar Surabaya setelah mengikuti kajian rutin ba’da maghrib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Mawaddah Ainurmawaddah.ain18@gmail.comB91215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Lisan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rochmah Mawaddah Ainur
Date Deposited: 15 Aug 2019 05:05
Last Modified: 15 Aug 2019 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35063

Actions (login required)

View Item View Item