Pembentukan moral peserta didik melalui pendidikan seks: studi multi situs di SDN Sambibulu Sidoarjo dan SDI Darut Taqwa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adi, Mochamad Bagus Tri Mario (2019) Pembentukan moral peserta didik melalui pendidikan seks: studi multi situs di SDN Sambibulu Sidoarjo dan SDI Darut Taqwa Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Bagus Tri Mario Adi_F12317300.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pembentukan moral peserta didik melalui pendidikan seks (studi multi situs di SDN Sambibulu Sidoarjo dan SDI Darut Taqwa Surabaya). Adapun rumusan masalah pada tesis ini adalah: 1) Bagaimana peran pendidikan seks dalam pembentukan moral peserta didik di SDN Sambibulu dan SDI Darut Taqwa; 2) Bagaimana implementasi pendidikan seks dalam pembentukan moral peserta didik di SDN Sambibulu dan SDI Darut Taqwa;3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan seks dalam pembentukan moral peserta didik di SDN Sambibulu dan SDI Darut Taqwa.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penyajian data dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran pendidikan seks di SDN Sambibulu dan SDI Darut Taqwa mempunyai kesamaan, yakni pendidikan seks sangat berperan dalam perkembangan peserta didik, memberikan pengetahuan akan seksualitasnya, dengan demikian dari adanya pendidikan seks diharapkan dapat membentuk moral peserta didik yang baik. 2) Implementasi Pendidikan seks di SDN Sambibulu menyajikan pendidikan seks melalui pembelajaran terintegrasi dalam materi Pendidikan Agama Islam, sedangkan di SDI Darut Taqwa selain menyajikan melalui pembelajaran terintegrasi dalam materi Pendidikan Agama Islam, mereka juga menyajikan dalam kegiatan penunjang seperti kajian hari jum’at dan tradisi bersalaman antar peserta didik yang sudah baligh dengan guru yang berlawan jenis hanya sebatas isyarat merapatkan kedua tangan di dada 3) Faktor pendukung di SDN Sambibulu yakni adanya materi yang sudah tersajikan dalam Pendidikan agama islam memudahkan guru dalam penyampaian pendidikan seks, kemudian faktor penghambatnya adalah persepsi orang tua dalam menganggap pendidikan seks adalah masalah yang tabu, sedangkan di SDI Darut Taqwa faktor pendukung yakni sekolah telah menyelenggarakan dan menyajikan pendidikan ini di berbagai kegiatan baik dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran sedangkan faktor penghambat terdapat beberapa orang tua yang memiliki kurangnya wawasan mengenai agama Islam dan pengawasan terhadap anaknya ketika di lingkungan rumahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adi, Mochamad Bagus Tri Mariomuhammadbaguz55@gmail.comF12317300
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Seks
Keywords: Pembentukan moral; peserta didik ; pendidikan seks
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adi Mochamad Bagus Tri Mario
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:01
Last Modified: 04 Aug 2021 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35067

Actions (login required)

View Item View Item