Implementasi Pembentukan Karakter Anak Melalui Sekolah Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Di Mtsn 6 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hisyam, Muhammad (2019) Implementasi Pembentukan Karakter Anak Melalui Sekolah Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Di Mtsn 6 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hisyam_F03214028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, karakter diartikan dengan tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain, dan watak. Karakter dalam bahasa Arab dipersamakan dengan kata khuluq atau akhlaq yang mempunyai arti watak atau tabi’at. Perubahan karakter peserta didik sangat tergantung dari dua sisi, yaitu sisi internal dan juga sisi eksternal. Sisi internal adalah sisi dalam peserta didik, sedangkan eksternal adalah dari luar peserta didik. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi karakter seseorang adalah lingkungan. Dalam hal ini, lingkungan berupa madrasah yang melaksanakan Sekolah Ramah Anak. Karakter-karakter mulia peserta didik akan terbentuk dengan baik, karena adanya nilai-nilai yang diemban oleh aturan-aturan yang ditetapkan dalam standar operasional Sekolah Ramah Anak. Dalam tesis ini, penulis akan memusatkan perhatian pada bagaimana konsep pembentukan karakter yang ada dalam panduan Sekolah Ramah Anak juga bagaimana jika dipandang dari perspektif pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini, penulis mengambil obyek di MTsN 6 Jombang sebagai salah satu madrasah yang menerapkan konsep Sekolah Ramah Anak dan pernah dianugerahi sebagai pemenang Sekolah Ramah Anak di tingkat nasional. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Yaitu jenis penelitian yang menghasilkan temuan-temuan yang tidak diperoleh oleh alat-alat prosedur statistik atau alat-alat kuantifikasi lainnya. Penelitian kualitatif ini ditandai dengan penekanan pada penggunaan non-statistik, khususnya dalam proses analisa data hingga dihasilkan temuan-temuan secara alamiah. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan di MTsN 6 Jombang menunjukkan bahwa prosedur penerapan Sekolah Ramah Anak melalui 6 point penting, sejalan dengan tahapan-tahapan pembentukan karakter. Terutama tahapan perencanaan dan partisipasi peserta didik, orang tua, dan lembaga terkait. Tahapan-tahapan ini sesuai dengan tahapan Thomas Lickona yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), menciptakan kebaikan (desiring the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Sementara itu – jika dilihat dari sudut pendidikan Islam –pembentukan karakter melalui 6 point penting Sekolah Ramah Anak, sesuai dengan bagaimana agar tujuan pendidikan dapat terwujud yaitu melalui pembiasaan dan melalui partisipasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hisyam, Muhammadhisyammuhammady@gmail.comF03214028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHurriyah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hisyam Muhammad
Date Deposited: 14 Aug 2019 09:22
Last Modified: 14 Aug 2019 09:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35077

Actions (login required)

View Item View Item