Nilai - nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Balun Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumtahanah, Lusia (2019) Nilai - nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Balun Turi Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lusia_F02317081.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang lebih banyak diarahkan pada perbaikan sikap mental yang terwujud dalam amal perbuatan, baik bagi keperluan diri sendiri maupun orang lain, baik bersifat teoritis maupun praktis. Integrasi nilai multikultural adalah sebuah proses untuk mendapatkan pengetahuan, pengembangan sikap, dan tingkah laku untuk dapat hidup saling menghormati, toleran, penuh perdamaian, saling membantu, dan anti kekerasan. Pendidikan multikultural yang dilakukan di SDN 1 Balun Turi Lamongan bertujuan untuk mewujudkan persaudaraan sejati antar umat beragama yang dilandasi dengan sikap toleransi-aktif, kejujuran, penghargaan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan. Penelitian ini ada tiga fokus penelitian, pertama apa saja bentuk nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Balun Turi Lamongan?, Kedua, Bagaimana pelaksanaan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam?, Ketiga, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai – nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SDN 1 Balun Turi Lamongan?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yakni reduksi data, penyajian data, conclusion drawing/verification.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk nilai-nilai multikultural yang diterapkan dalam proses integrasi dalam pembelajaran PAI yaitu Nilai Inklusif (Terbuka), Nilai Kemanusiaan (Humanis), Nilai Toleransi, Nilai Tolong Menolong, Nilai Keadilan (Demokratis) dan nilai Persamaan dan Persaudaraan (Ukhuwah). 2) pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI dilakukan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. 3) Faktor pendukung yang ada seperti kurikulum pendidikan yang terpadu, buku-buku pelajaran yang bermuatan konten multikultural dan lingkungan yang kondusif serta agamis. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya media keberagaman di lingkungan sekolah, kurangnya pemahaman para siswa tentang isi buku pelajaran dikarenakan terbiasa interaksi menggunakan bahasa jawa, konten muatan multikultural dalam RPP masih kurang sehingga yang mendominasi adalah faktor lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumtahanah, Lusialusiariouz2@gmail.comF02317081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahlusiariouz2@gmail.comF02317081
Subjects: Pendidikan > Pluralisme
Keywords: Integrasi Nilai Multikultural, pembelajaran PAI
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mumtahanah Lusia
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:38
Last Modified: 15 Aug 2019 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35122

Actions (login required)

View Item View Item