Kesiapsiagaan Karangtaruna Dalam Menghadapi Ancaman Bencana Banjir Di Desa Karangturi Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumaidi, Muhammad Nidlom (2019) Kesiapsiagaan Karangtaruna Dalam Menghadapi Ancaman Bencana Banjir Di Desa Karangturi Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nidlom khumaidi_B72214038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan masyarakat melalui pemuda karangtaruna dalam mengatasi ancaman bencana banjir yang terjadi. Permasalahan yang terjadi adalah factor apa yang menyebabkan desa menjadi rentan banjir, bagaimana strategi pengorganisasian kelompok karangtaruna dalam pengurangan risiko bencana. Metode yang diguanakan dalam penelitian adalah metode penelitian Participatory Action Reseacrh (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya PAR adalah adanya ketimpangan. Strategi yang dilakukan antara lain melalui ketua kelompok karangtaruna. Sasarannya kepada anggota kelompok karangtaruna agar ikut berpartisipasi dalam menjaga desa dari ancaman banjir. Penelitian ini membangun kesadaran akan pentingnya gotong royong baik yang sudah tua maupun yang masih muda. Dengan serangkaian kegiatan untuk mengatasi permasalahan, pemahaman, serta pengetahuan akan kebencanaan. Maka hasil yang didapatkan yaitu meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelompok pemuda karangtaruna dalam menghadapi ancaman bencana banjir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumaidi, Muhammad Nidlomkhumaidi777@gmail.comB72214038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries DyahUNSPECIFIED197804192008012014
Subjects: Bencana alam
Keywords: Gotong Royong; Bencana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khumaidi Muhammad Nidlom
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:53
Last Modified: 16 Aug 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35130

Actions (login required)

View Item View Item