Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 dan 6 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nur Haibatul (2019) Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 dan 6 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Haibatul Ula_F52316068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran konstruktivis dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi model pembelajaran konstruktivis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 dan 6 Surabaya; Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 dan 6 Surabaya, dan; Bagaimana hubungan model pembelajaran konstruktivis dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 dan 6 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data, klasifikasi, penyusunan dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, implementasi model pembelajaran konstruktivis di SMPN 3 masuk kategori sangat baik dan di SMPN 6 masuk kategori baik, dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang dan karakternya. Hal itu dapat dilihat dari proses pembelajaran di kelas, dengan model konstruktivis siswa memiliki kesempatan lebih mandiri dalam membangun pengetahuannya, mereka dapat bertanya, saling bertukar ide, mencari sumber rujukan, berdiskusi dan mempertahankan jawaban dari pemikirannya. Ketiga, hubungan model pembelajaran konstruktivis dengan kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 3 dan 6 Surabaya menunjukkan hasil yang sangat signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nur Haibatulhaibahula1995@gmail.comF52316068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad MuhibbinUNSPECIFIED197207111996031001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran ; Konstruktivis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ula Nur Haibatul
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:22
Last Modified: 15 Aug 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35138

Actions (login required)

View Item View Item