Implementasi hadis tashabbuh dalam menanggapi fenomena fanatisme k-popers di Indonesia(Studi Ma‘anil H}adith dalam Sunan Abu> Da>wud No Indeks 4031)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qodriyah, Lailatul (2019) Implementasi hadis tashabbuh dalam menanggapi fenomena fanatisme k-popers di Indonesia(Studi Ma‘anil H}adith dalam Sunan Abu> Da>wud No Indeks 4031). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LAILATUL QODRIYAH (E85215072) WATERMARK.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini muncul, berawal dari banyaknya fenomena yang tersebar luas dikalangan remaja tentang K-Pop. Hal seperti itu terjadi dikarenakan ketenaran boyband Korean ditingkat dunia diikuti dengan semakin bertambahnya penggemar boyband Korea yang cenderung fanatik. Antusiasme dan kecintaan terhadap boyband Korea menimbulkan perilaku fanatisme bagi para penggemarnya. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penggemar mengekspresikan fanatisme terhadap boyband Korea dan untuk menganalisis perilaku fanatisme penggemar boyband Korea.Dimana kecintaannya yang berlebihan terhadap K-Pop tanpa ia sadari dapat menimbulkan penyerupaan terhadap kaum non Muslim, sehingga dikhawatirkan berdampak negatif terhadap ke Islmannya karena terlalu sering mengagung-agungkan idolanya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif, yang mana datanya bersumber dari pustaka (liberary research) yaitu tentang dilarangnya untuk menyerupai suatu kaum yang di fokuskan pada penelusuran dan pengkajian terhadap hadis Nabi SAW, literatur serta bahan kepustakaan lainnya. Rumusan masalah yang akan diteliti ini berkaitan dengan ; 1) Bagaimana kualitas hadis Sunan Abu> Da>wud no Indeks 4031?, 2) Bagaimana ke-Hujjah-an hadis Sunan Abu> Da>wud no Indeks 4031?, 3) Bagaimana pemahaman hadis Sunan Abu> Da>wud no Indeks 4031 dalam fenomena masyarakat sekarang?Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, kualitas hadis tentang larangan menyerupai suatu kaum itu h}asan li-dha>tihi>, yang mana hadis tersebut tidak bertentangan dengan al-Qur‘an dan hadis lain. Sehingga hadis riwayat Abu> Da>wud berstatus maqbu>l ma’mulun bi>h, yaitu hadis nya dapat dijadikan hujjah dan dapat diamalkan.Kata kunci: Fanatisme, Penggemar, K-Pop, Penyerupaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qodriyah, LailatulPezshekatul@gmail.comE85215072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDFadlilah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDIchwayudi, BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Fanatisme, penggemar k-pop, penyerupaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Qodriyah Lailatul
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:05
Last Modified: 23 Aug 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item View Item