Pesan dakwah dalam lirik lagu "Putih" Band Efek Rumah Kaca

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Fahminuddin (2019) Pesan dakwah dalam lirik lagu "Putih" Band Efek Rumah Kaca. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahminuddin Achmad_B91215053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap sebuah karya seni berupa musik atau lagu. Karena memang salah satu hobi atau profesi yang dilakukan peneliti sekarang juga berkecimpung di dunia musik. Lagu “Putih” ini menunjukkan lirik yang sangat unik dan bisa dikatakan tidak akan kita temui dalam band lain. Lirik yang diciptakan oleh Cholil Mahmud ini merupakan lirik yang memakai paduan antara makna kias dan juga kata rasional yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari hari. Dalam lirik tersebut mengandung pesan dakwah yang sangat menarik untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui makna pesan dakwah dalam lirik lagu “Putih” dari band Efek Rumah Kaca. Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apa pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu “Putih” dari Band Efek Rumah Kaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Maka untuk menjawab rumusan masalah ini, peneliti menggunakan analisis model semiotika Roland Barthes. Yakni mencari makna denotasi, konotasi serta mitos yang ada di dalam lagu tersebut. Dari hasil ini, ditemukan bahwa pesan dakwah yang terkadung dalam lagu “Putih” dari band Efek Rumah Kaca adalah terdapat pesan dakwah Aqidah dengan meyakini adanya hari akhir dan juga takdir manusia (qada’ dan qadar).Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya, diharapkan bisa mengkaji lebih dalam mengenai lagu lagu dari Efek Rumah Kaca di album Sinestesia yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Fahminuddinfahminachmad@gmail.comB91215053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto, A.UNSPECIFIED195912261911031001
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Putih; Lirik Lagu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Achmad Fahminuddin
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:11
Last Modified: 15 Aug 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35146

Actions (login required)

View Item View Item