Strategi Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai Humanis Religius Kepada Siswa MAN 2 Magetan di Era Revolusi Industri 4.0

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tri Huda, Munawar (2019) Strategi Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai Humanis Religius Kepada Siswa MAN 2 Magetan di Era Revolusi Industri 4.0. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
TRI HUDA MUNAWAR_F52317381.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin jauh membawa manusia kepada peradaban yang canggih. Perubahan ini secara fundamental telah mengubah individu dalam cara hidup, bekerja, dan berhubungan satu sama lain. Namun dibalik kecanggihan teknologi ini menyimpan sisi-sisi gelap yang secara senyap membawa perubahan sikap, perilaku dan nilai-nilai kehidupan manusia, termasuk para peserta didik. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini untuk mengungkap strategi kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai humanis religius kepada siswa MAN 2 Magetan di era revolusi industri 4.0. Fokus penelitian ini adalah : 1) mengungkap strategi dalam menanamkan nilai-nilai humanis religius yang ditanamkan kepada siswa, dan 2) menganalisa hasil strategi dalam menanamkan nilai-nilai humanis religius yang ditanamkan kepada siswa di era revolusi industri 4.0.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dalam menanamkan nilai humanis religius adalah 1) strategi habituasi (pembiasaan), 2) strategi integrasi ke dalam kegiatan ekstrakurikuler 2) strategi keteladanan. Hasil penanaman nilai humanis religius yaitu terciptanya suasana yang humanis dan religius di madrasah, terciptanya lingkungan pembelajaran yang membuat anak-anak terbebas dari persaingan intens, disiplin kaku, dan rasa takut akan kegagalan. Hubungan antara peserta didik dan pendidik dapat menciptakan hubungan persaudaraan dan rasa keamanan, sehingga muncul kreativitas positif siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tri Huda, Munawarighfirlanayarob@gmail.comF52317381
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com197310131997031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munawar Tri Huda
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:07
Last Modified: 16 Aug 2019 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35155

Actions (login required)

View Item View Item