Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multi kasus di SMP Al-Huda Kediri dan MTs.M 01 Pondok Pesantren Modern Paciran Lamongan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Abdul (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multi kasus di SMP Al-Huda Kediri dan MTs.M 01 Pondok Pesantren Modern Paciran Lamongan). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ABDUL AZIZ_F52317367.pdf

Download (4MB)

Abstract

Era digitalisasi saat ini yang mengarah pada pragmatis dan hedonis, sehingga mengesampingkan spiritualitasnya. Maka menjadikan moral anak bangsa krisis, berdasarkan beberapa data yang dimuat di media massa cetak maupun elektronik terdapat prilaku remaja yang menyimpang seperti tawuran antar pelajar, bulliying,dan lain sebagainya. Dalam upaya tersebut maka di SMP Al-Huda Kota Kediri dan MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan melakukan proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam membentuk karakter siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis: 1) Proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam membentuk karkater siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri dan MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan. 2) Pengaruh internalisasi nilai-nilai spiritual terhadap karakter religius siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri dan MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam membentuk karakter siswa di SMP Al-Huda Kota Kediri dan MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan.Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan metode studi multi kasus. Lokasi penelitian di SMP Al-Huda Kota Kediri dan MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa pada sekolah masing-masing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan; reduksi data, display data, kesimpulan data, dan statistik deskriptif. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan pengamatan, trianggulasi data, dan diskusi teman sejawat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses internalisasi nilai spiritual dilakukan melaui kegiatan spiritual seperti membaca al-Qur’an, d}uha berjamaah, istighasah, s}alat z}uhur berjamaah, dan s}alat lail. MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan s}alat z}uhur berjamaah, d}uha berjamaah, dan membaca al-Qur’a>n. 2) Pengaruh kegiatan spiritual terhadap karakter religius di SMP Al-Huda Kota Kediri sebesar 37% sedangkan di MTs. M hanya 18%.3) Faktor pendukung di SMP Al-Huda Kota Kediri meliputi; a) Dukungan wali murid. b) Kerjasama antar guru. c) Antusias siswa. d) Sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan latar belakang keluarga, keterbatasan tenaga guru, dan keterbatasan fasilitas. Faktor pendukung di MTs.M 01 Pon-Pes Modern Paciran Lamongan karena ada; dukungan guru, sarana prasarana, dan keaktifan siswa. Sedangkan faktor penghambat; kesadaran siswa dan kesibukan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Abdulazizgo3@gmail.comF52317367
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, SihabudinUNSPECIFIED197702202005011003
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aziz Abdul
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:16
Last Modified: 16 Aug 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35157

Actions (login required)

View Item View Item