Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Rutinitas Religius Tahfidz Al-Qura>n Di Madrasah Tsanawiyah Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudin, Afif (2019) Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Rutinitas Religius Tahfidz Al-Qura>n Di Madrasah Tsanawiyah Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AFIF WAHYUDIN_F52317369.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karakter disiplin siswa dapat tumbuh dengan baik apabila didasarkan pada kerelaan individu dalam melakukan pembiasaan yang baik dan melalui proses yang panjang dan berkelanjutan yang melibatkan peranan dari keluarga, lembaga pendidikan dan lingkungan pergaulan . Penelitian ini membatasi rumusan masalah pada: 1). Bagaimana Usaha dan Pola Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui rutinitas religius tahfidz al-Qur’a>n di MTs Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan. 2). Bagaimana Proses Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Rutinitas Religius Tahfidz al-Qur’a>n di MTs Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan. 3). Bagaimana Pengaruh Rutinitas Religius Tahfidz al-Qur’a>n terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MTs Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan.Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Methode. Yakni penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis respponden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan melakukan penghitungan untuk menguji hipotesis yang diajukan.Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1). Kegiatan Rutinitas Religius Tahfidz al-Qur’a>n di MTs Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan menggunakan metode Wahdah, Sima’i , Jama’, Muraja’ah, dan Takrir. 2). Karakter disiplin Siswa MTs Al Fathimiyah Lamongan di tekankan pada: Kehadiran siswa dsekolah tepat waktu, Aktif dalam kegiatan pembelajaran, Ketaatan terhadap tata tertib disekolah, Memiliki sikap yang baik, Menjalankan ibadah sesuai ketentuan, Berpakaian rapi sesuai ketentuan. 3). Kegiatan Rutinitas Religius Tahfidz al-Qur’a>n memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap proses Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui rutinitas religius tahfidz al-Qur’a>n di MTs Al Fathimiyah Banjarwati Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudin, Afifafifwahyudi78@gmail.comF52317369
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED195304101988031001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyudin Afif
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:22
Last Modified: 16 Aug 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35158

Actions (login required)

View Item View Item