Pola Integrasi PAI Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Pembinaan Akhlak Siswa (Studi Kasus Di MTs NU Joho Pace Nganjuk)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridwantoro, Moh. (2019) Pola Integrasi PAI Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Pembinaan Akhlak Siswa (Studi Kasus Di MTs NU Joho Pace Nganjuk). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MOH.RIDWANTORO_F53217376.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk pembentukan watak dan akhlak siswa. Pendidikan Agama Islam dan Ekstrakurikuler Pramuka diharapkan bisa mengatasi problem yang ada pada masa sekarang terutama dalam pembentukan akhlak siswa. Dalam upaya tersebut di MTs NU Joho Pace Nganjuk diterapkan kegiatan Ekstakurikurer Pramuka guna untuk membina akhlak siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganilis: 1) Model Integrasi PAI dalam Ekstrakurikuler Pramuka untuk membina akhlak siswa di MTs NU Joho Pace Nganjuk. 2) Pelaksanan Integrasi PAI dalam Ekstrakurikuler Pramuka untuk membina akhlak siswa di MTs NU Joho Pace Nganjuk. 3) Hasil Integrasi PAI dalam Ekstrakurikuler Pramuka untuk Pembinaan Akhlak Siswa di MTs NU Joho Pace Nganjuk. 4) Faktor pendukung dan penghambat Integrasi PAI dalam Ekstrakurikuler Pramuka untuk pembinaan Akhlak Siswa di MTs NU Joho Pace Nganjuk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian di MTs NU Joho Pace Nganjuk. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa: 1) model integrasi PAI dalam ekstrakurikuler pramuka untuk membina akhlak yaitu dengan menggunakan model Threaded dan Integrated yaitu model keterpaduan yang menghubungkan atau mengaitkan secara mendasar sehingga terdapat benang merah yang dapat menghubungkan dan dikembangkan lebih luas, 2) Pelaksanan integrasi PAI dalam ekstrakurikuler pramuka dengan memadukan unsur kegiatan keagamaan dalam setiap aspek kegiatan kepramukaan, 3) Hasil dari integrasi PAI dalam Ektrakurikurer Pramuka untuk pembinaan akhlak siswa sudah baik dengan nilai rata-rata ketercapain akhlak sebesar 70,66. 4) Faktor pendukung di MTs NU Joho Pace Nganjuk meliputi: fasilitas di sekolah yang memadai, adanya kerjasama antara dewan guru dengan yayasan yang baik, dukungan dari segala pihak yakni yayasan dan wali murid serta masyarakat, kegigihan dari siswa dalam mengikuti segala kegiatan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ada dari beberapa siswa yang masih kurang serius dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridwantoro, Moh.abimirza26@gmail.comF52317376
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, SihabudinUNSPECIFIED197702202005011003
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridwantoro Moh.
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:01
Last Modified: 16 Aug 2019 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35159

Actions (login required)

View Item View Item