Muatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Fiqih Kelas X Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor Lombok Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, BQ. Uswatun (2019) Muatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Fiqih Kelas X Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor Lombok Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
BQ. USWATUN HASANAH_F52317377.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter harus ditanamkan, diajarkan dan kemudian diterapkan dalam kehidupan nyata terutama dalam dunia pendididkan, sehingga pemerintah merevitalisasi pendidikan karakter dalam buku ajar melalui kurikulum 2013, dan tidak cukup sampai di sana, juga urgen untuk diimplementasikan kepada peserta didik melalui lembaga pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana muatan pendidikan karakter dalam buku Fikih siswa kelas X kurikulum 3013?. (2) bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam buku Fikih kelas X kurikulum 2013 dalam pembelajarannya di Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor?.Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mengetahui bagaimana muatan pendidikan karakter dalam buku Fikih kelas X untuk tingkat Madrasah Aliyah., (2). mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Muallimat Nahdhatul Wathan Pancor Lombok Timur NTB yang meliputi proses perencanaan, pelaksananaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan karakter yang termuat dalam buku ajar Fikih kelas X untuk jenjang Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif-study literature dan ditunjang dengan penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tiga metode, yaitu melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1). muatan pendidikan karakter dalam buku Fikih kelas X kurikulum 2013 untuk tingkat Madrasah Aliyah meliputi 18 nilai pendidikan karakter yaitu: religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2). implementasi pembelajaran muatan nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar mata pelajaran Fikih yang meliputi: perencanaan pembelajaran yang terencana dalam bentuk RPP yang mengacu kepada silabus, pelaksanaan pembelajaran mencakup 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Kognitif dilakukan dengan penilaian ulangan harian, remidi, dan nilai semester, untuk afektif melalui metode pembiasaan dan psikomotor dengan unjuk kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, BQ. Uswatuniftahqulubanayarob@gmail.comF52317372
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, HanunUNSPECIFIED196804101995032002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasanah Bq. Uswatun
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:28
Last Modified: 16 Aug 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35160

Actions (login required)

View Item View Item