Metode Membaca Kitab Kuning Al-Miftah Lil Ulum Di Pondok Pesantren Sidogiri (Kajian Teknologi Pendidikan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Humaidi, Humaidi (2019) Metode Membaca Kitab Kuning Al-Miftah Lil Ulum Di Pondok Pesantren Sidogiri (Kajian Teknologi Pendidikan). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. HUMAIDI BAHRON_F52317375.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan ruh bagi kehidupan manusia karena dengan pendidikan ia bisa mencapai tujuan hidupnya. Sedangkan pendidikan yang ada di pesantren tidak bisa lepas dari kitab kuning, mengingat kitab kuning merupakan salah satu sumber utama untuk mengkaji karya-karya ulama’ salaf tentang hukum, akidah, pemikiran, sosial bahkan moral. Sayangnya, tidak semua pesantren yang peduli dan menganggap penting terhadap pembelajaran baca kitab kuning karena dianggap sulit dan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan membuat metode baca kitab Al Miftah lil ulum sebagai produk teknologi pendidikan yang ada di pesantren tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi al miftah lil ulum sebagai produk teknologi pembelajaran di Pondok Pesantren Sidogiri dan bagaimana implementasinya dalam pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Sidogiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini yaitu pertama metode baca kitab al miftah lil ulum merupakan produk teknologi pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren Sidogiri sebagai jawaban dan solusi dari menurunnya hasil ujian percawu yang ditindak lanjuti dengan adanya rapat pendidikan sehingga terbentuk tim guna menyusun metode tersebut, lalu diterapkan di Madrasah I’dadiyah. Metode ini tergolong singkat karena hanya terdiri dari 4jilid, satu tas}rif dan nadhom. Sistematis, tidak monoton karena masing-masing jilid saling berkaitan tanpa pengulangan. Kedua, implementasi metode ini, masing-masing jilid ditempuh 3pekan. Perpindahan antar jilid melalui 2tes (tes tulis dan tes lisan), beragam metode yang digunakan dalam pembelajaran dan lokasinya berpindah-pindah(kadang dikelas, taman, perpustakaan dll.) sehingga membuat murid rilek dan tidak membosankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Humaidi, Humaidim.humaidibahran@gmail.comF52317375
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad YusamUNSPECIFIED197107221996031001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahron M. Humaidi
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:11
Last Modified: 16 Aug 2019 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35161

Actions (login required)

View Item View Item