Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren (Di Paesantren Salafiyah Pasuruan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Lailatul (2019) Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren (Di Paesantren Salafiyah Pasuruan). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Latifah_F12317299.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesantren akan tetap survive dan menjadi lembaga ideal sebagai kebutuh pendidikan masyakat bila pesantren terus bergerak maju melakukan perubahan yang lebih baik dan sesuai zamannya. Pada era modern ini pesantren dituntut memodernisasi segala aspek yang ada khususnya aspek pendidikan dengan tujuan pesantren mampu bersaing dengan lembaga lain. Kondisi ini terjadi pada pesantren Salafiyah Pasuruan yang merubah pola pendidikannya kearah modern. Sebagaimana latarbelakang masalah, tujuan yang diteliti ini adalah apa yang melatarbelakangi modernisasi pendidikan pesantren Salafiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus, pengambilan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari modenisasi pendidikan Pesantren Salafiyah adalah pesantren yang awalnya salaf murni kemudian moderkan dengan mengadopsi pesantren modern. Yang melatarbelakangi modernisasi pendidikan adalah sistem pengajaran yang lama kalau dipertahankan cenderung tertinggal dan adanya tuntutan dari masyarakat yang semakin kompleks dan variatif. Sedangkan bentuk modernisasi meliputi aspek kelembagaan, kurikulum, aspek pembelajaran dan fungsional pesantren. Modernisasi pada kelembagaan, yaitu dari yang dipimpin kian ke sistem kolektif (yayasan) dengan pembagian kerja yang jelas. Pada aspek kurikulum yaitu mamasukkan kurikulum yang dibuat Kementrian Agama Indonesia. Pada aspek pengajaran dari sistem salaf ke sistem modern dengan metode pengajaran yang digunakan dilembaga modern, seperti metode tanya jawab, ceramah, diskusi, drama dan kerja kelompok. Pada aspek fungsional Pondok Pesantren Salafiyah meliputi sebagai lembaga pendidikan dan lembaga ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Lailatullailatullatifah01@gmail.comF12317299
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, LilikUNSPECIFIED198002102011012005
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latifah Lailatul
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:44
Last Modified: 15 Aug 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35167

Actions (login required)

View Item View Item