Penentuan arah Kiblat di atas kapal menggunakan alat navigasi: studi akurasi dengan software Stellarium Mobile Versi 2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailatul, Maskhurriyah (2019) Penentuan arah Kiblat di atas kapal menggunakan alat navigasi: studi akurasi dengan software Stellarium Mobile Versi 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Maskhurriyah_C08215007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Penentuan Arah Kiblat Di Atas Kapal Menggunakan Alat Navigasi (Studi Akurasi Aplikasi Stellarium Mobile versi 2014). Adapun permasalahan yang diangkat ialah: Pertama, akurasi alat navigasi kapal dilihat dengan alat uji aplikasi stellarium mobile versi 2014. Kedua, implementasi arah kiblat di atas kapal dengan menggunakan alat navigasi. Ketiga, akurasi hasil penentuan arah kiblat di atas kapal dengan alat navigasi dalam perespektif alat uji aplikasi stellarium mobile versi 2014. Untuk menjawab permasalahan yang ada peneliti menggunakan metode penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan teknik penggumpulan data dengan wawancara serta observasi. Beberapa contoh kasus yang telah ada menunjukkan hasil penentuan arah yang tidak akurat. Selisih yang terjadi antara alat navigasi berupa kompas, GPS dan peta dengan alat uji software stellarium mobile versi 2014 disebabkan karena adanya rotasi bintang yang setiap saat berubah serta kapal yang ditumpangi yang sedang bergerak dari jakarta sampai sorong ketika berjalan, dan arah tidak tetap. Adapun selisih antara kompas manual dan gyrocompass disebabkan kompas manual menunjukkan arah utara sejati sedangkan gyrocompass menunjukkan arah utara magnet bumi. Dari pemaparan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi arah kiblat atas alat navigasi kapal berupa kompas, GPS dan peta tidak akurat baik dari alat yang digunakan ataupun panduan, dikarenakan beberapa alasan: pertama, objek yang diteliti bergerak, dalam hal ini kapal maka data yang ditampilkan juga akan selalu berubah disetiap waktu. kedua, bintang mengikuti rotasi masing-masing jadi ketika pengamatan berlangsung maka data yang ditampilkan akan selalu berubah menggikuti pergeraakan nya.Alat navigasi menunjukkan hasil arah yang sama. hal ini dikarenakan kompas, GPS dan peta terhubung dan difungsikan secara bersamaan. ketika dibandingkan kompas, GPS, dan peta dan juga software stellarium dengan memunculkan selisih yang berbeda di tiap jam nya hal ini dikarenakan kapal yang bergerak, rotasi masing-masing bintang, panduan arah kiblat yang mutlak menggunakan 290°. hal ini pula yang menyebabkan hasil arah kiblat yang ditentukan tidak akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailatul, Maskhurriyahlatul2955@gmail.comC08215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarron, AkhwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Falak
Keywords: Arah Kiblat; Akurat; Alat Navigasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Maskhurriyah Lailatul
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:47
Last Modified: 16 Aug 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35174

Actions (login required)

View Item View Item