Konsep Investasi dalam al Quran: telaah tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyid, Moch. Badrur (2017) Konsep Investasi dalam al Quran: telaah tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Badrur Rosyid_E73213130.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti dengan nama Moch. Badrur Rosyid Jurusan Ilmu al-Qur`an dan Tafsir, dengan Judul Konsep Investasi dalam al-Qur`an (Telaah Tematik). Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana konsep investasi dalam al-Qur`an? 2) bagaimana kontekstualisasi investasi dalam masyarakat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mengenai konsep investasi di dalam al-Qur`an. Penelitian dalam ini menggunakan metode Kualitatif, jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan Tematik. Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya yang belum memahami manfaat dalam berinvestasi dan juga kaidah-kaidah yang boleh dan tidak diperbolehkan oleh Syariat. Selanjutnya akan dilakukan penelitian investasi dalam al-Qur`an sehingga dikontekstualisasikan keadaan zaman dahulu dengan zaman sekarang. Dikarenakan al-qur`an bersifat li kulli zaman wa makan. Hasil dari penelitian ini, investasi merupakan penundaan mengkonsumsi harta yang kita miliki saat ini, atau berarti mengelola dan mengembangkannya demi kehidupan yang akan datang. Jika bersandar pada surat Yusuf ayat 46-49, bahwasanya kita tidak boleh mengkonsumsi semua kekayaan yang kita miliki pada saat kita mendapatkannya, tetapi hendaknya sebagian kekayaan tersebut dikelolah kembali demi mempersiapkan masa depan. Dengan berinvestasi kepada mitra-mitra resmi akan lebih aman dibanding dengan yang lokal. Tapi sebagian masyarakat saat ini jika mendengar kata investasi sudah beranggapan itu adalah riba, karena itu hubungannya pasti dengan bank (bunga).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyid, Moch. Badrurozunu.ummah@gmail.comE73213130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Investasi
Tafsir
Keywords: Konsep Investasi; al Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rosyid Moch. Badrur
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:19
Last Modified: 23 Aug 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35180

Actions (login required)

View Item View Item