Pesan dakwah program acara muslim Travelers NET TV : Analisis Isi Edisi Spanyol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Isdiadatul (2019) Pesan dakwah program acara muslim Travelers NET TV : Analisis Isi Edisi Spanyol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isdiadatul Mawaddah_B91215091.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dakwah semakin berkembang dengan adanya Media komunikasi yang terus mengalami kemajuan. Pesan dakwah semakin banyak ragam dan kemasannya, Seperti halnya program acara Muslim Travelers NET TV, yaitu program traveling yang menyajikan pesan dakwah dan dikemas sesuai generasi millennial. Oleh karena itu di dalam penelitian ini mengkaji pesan dakwah pada program acara Muslim Travelers NET TV edisi Spanyol dan pesan dakwah yang dominan. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif deskripsif untuk menggambarkan secara detail suatu pesan. Menggunakan unit analisis tematik, berdasarkan tema pesan dakwah. Sumber dan jenis data menggunakan video muslim travelers perjalanan Negara Spanyol yang terdiri dari tiga video. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, pengamatan langsung objek penelitian dan dokumentasi, data tersebut kemudian di transkrip menjadi data primer. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan spss versi 16 for windows. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwah program acara Muslim Travelers NET TV perjalanan Negara Spanyol mengandung tiga unsur pesan dakwah akidah, akhlak dan syari’ah. Pesan akidah tergambarkan dengan ajakan menjaga keimanan, dan menunjukkan keyakinan, dengan prosentase 34,3%. Pesan akhlak menunjukkan contoh berperilaku terhadap sesama manusia dengan prosentase 34,3%. Dan pesan syari’ah memberikan contoh bagaimana seorang muslim melaksanakan syari’at islam di Negara spanyol dengan prosentase 31,5%. Penelitian ini hanya meneliti pesan dakwah yang terkandung, peneliti selanjutnya bisa meneliti lebih dalam lagi mengenai program acara tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Isdiadatulisdiadatul@gmail.comB91215091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com196812301993031003
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mawaddah Isdiadatul
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 15 Aug 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35188

Actions (login required)

View Item View Item