Konsep Akhlak Rasulullah Saw. dalam Kitab Mawlid Barzanji dan Sha'ir Qasidah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamawati, Ria (2019) Konsep Akhlak Rasulullah Saw. dalam Kitab Mawlid Barzanji dan Sha'ir Qasidah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ria Purnamawati_F02316072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui akhlak Rasulullah Saw dalam Kitab Mawlid Barzanji dan Sha’ir Qas{i>dah Burdah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perspektif Sheikh Ja’far al-Barzanji> tentang akhlak Rasulullah Saw dalam Kitab Mawlid al-Barzanji; Bagaimana perspektif Iman al-Bushiri> tentang akhlak Rasulullah Saw dalam Sha’ir Qas{i>dah Burdah, dan; Bagaimana perbandingan Akhlak Rasulullah Saw di dalam Kitab Mawlid Barzanji> dan Sha’ir Qas{i>dah Burdah. Jenis penelitian ini adalah library researchdengan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama,akhlak Rasulullah Saw menurut perspektif Sheikh Ja’far al-Barzanji> dalam Kitab Mawlid Barzanji> adalah rendah hati, mandiri, qanaah, sayang terhadap keluarga, mencintai orang-orang fakir miskin dan umatnya, serta jujur. Kedua, akhlak Rasulullah Saw menurut perspektif Imam al-Bushiri> dalam Sha’ir Qas{i>dah Burdah adalah taat beribadah, zuhud, dan pemimpin yang baik.Ketiga, perbandingan Akhlak Rasulullah Saw di dalam Kitab Mawlid Barzanji> dan Sha’ir Qas{i>dah Burdah dapat dilihat dari sistem penulisannya dan ciri khas dari masing-masing kedua kitab. Kitab Mawlid Barzanji lebih mudah dipahami dan lebih detail, sedangkan Sha’ir Qas{{i>dah Burdah memiliki pembahasan yang kurang detail dan juga bermajas. Ciri khas dari Kitab Mawlid Barzanji> mengenai penjelasan akhlak Rasulullah Saw lebih mengacu kepada sifat-sifat Nabi seperti pemalu, rendah hati, dan mandiri. Sedangkan ciri khas Sha’ir Qas{i>dah Burdah mengenai akhlak Rasulullah Saw yang lebih mengacu ke tasawuf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamawati, Riariapurnamawati6@gmail.comF02316072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibbinriapurnamawati6@gmail.com197207111996031001
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Mandiri
Keluarga > Keluarga Nabi
Kepemimpinan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Purnamawati Ria
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:03
Last Modified: 15 Aug 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35190

Actions (login required)

View Item View Item