Implementasi Bahasa Jawa dan Dolanan Nusantara dalam membentuk perilaku sosial Siswa di SD Antawirya (Islamic Javanese School), Junwangi, Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Al Mar'atus (2019) Implementasi Bahasa Jawa dan Dolanan Nusantara dalam membentuk perilaku sosial Siswa di SD Antawirya (Islamic Javanese School), Junwangi, Krian. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Al Mar'tus Sholikhah_F52317062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pemahaman atau persepsi tentang pelaksanaan bahasa Jawa dan dolanan nusantara dalam membentuk perilaku sosial di SD Antawirya (Islamic Javanese School), Junwangi, Krian tentang : (1) Pelaksanaan bahasa Jawa dan dolanan nusantara, (2) Target, (3) Faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan menggunakan penulisan yang artistik. Subyek penelitian adalah pendiri, kepala sekolah, pendidik, orang tau dan siswa SD Antawirya (Islamic Javanese School), Junwangi, Krian. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) riset kepustakaan, (2) teknik dokumentasi, (3) riset lapangan dengan cara (a) observasi partisipasi, (b) wawancara, dan (c) studi kasus. Teknik sampling dilakukan dengan purposive dan snowball sampling. Keabsahan hasil penelitian dilakukan dengan validitasi dan reabilitas. Metode analisis data dilakukan dengan cara: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pelaksanaan meliputi (a) proses pelaksanaan, Pelaksanaan bahasa Jawa dalam membentuk perilaku sosial terdiri dari tiga cara. Pertama, Pembiasaan berbahasa Jawa.Kedua, keteladan. Ketiga, Memberi nasehat Pelaksanaan dolanan nusantara dalam membentuk perilaku sosial. Pertama, Kegiatan pembuka Kedua, Kegiatan inti yakni untuk menjelaskan jenis permainan beserta aturan permainan, kedua, Pijakan setelah main Ketiga, Kegiatan Penutup. Keempat, Evaluasi.(b)Target pelaksanaan meliputi: mampu berbahasa dengan menggunakan bahasa yang sudah diajaran(c) Faktor pendukung dan penghambat (1) Adanya kerja sama antara guru.(2)Sikap guru. (3) rasa semangat dari guru(4) Dukungan dari orang tua. hambatan dalam pelaksanaan (1) Para orang tua menerapkan Bahasa Jawa. Lingkungan bermain anak. (2) ,konsentrasi peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Al Mar'atusalmaratus123@gmail.comF52317062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, HanunUNSPECIFIED196804101995032002
Subjects: Kebudayaan Jawa
Psikologi Sosial
Keywords: Bahasa Jawa; Dolanan Nusantara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholikhah Al Mar'atus
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:36
Last Modified: 15 Aug 2019 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35192

Actions (login required)

View Item View Item