Otoritas ahl al-Kitab dalam perspektif M. Quraisy Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

fitriani, lailatul (2019) Otoritas ahl al-Kitab dalam perspektif M. Quraisy Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fitriani_E03212020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perdebatan makna ahl al-kitab di kalangan ulama dan pemikir Islam yang dianggap sebagai isu yang sangat penting. Selain itu, perbedaan pendapat dari kalangan ulama akan menghasilkan implikasi hukum yang berbeda. Berdasarkan fakta tersebut, penulis mengambil tafsir kontemporer yaitu tafsir al-Misbah karya Quraisy shihab yang ditulis pada abad modern dan memilki banyak keistimewaan serta terobosan baru. Dalam penulisan tafsir dikenal dengan berbagai pendekatan yang berbeda dengan tafsir sebelumnya. Pembahasan dalam penelitian difokuskan pada penafsiran Quraisy shihab terhadap ayat-ayat ahl al-kitab.Fokus dan pertanyaan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana wawasan Al-Qur’an tentang ahl al-kitab, (2) Bagaimana penafsiran Quraisy Shihab tentang ahl al-kitab, (3) Bagaimana implementasi ahl al-kitab terhadap masyarakat saat ini?Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode studi tokoh (indifidual life history). Hasil penelitiannya menunjukkan : (1) Al-Qur’an memberikan gambaran singkat tentang sikap yang ditunjukan kepada ahl al-kitab, seperti menghargai keberadaannya dan memberi kecaman. Kecaman yang diberikan Al-Qur’an ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, pelanggaran mereka terhadap hukum, melanggar janji, tidak bersyukur kepada Allah dan pengingkaran mereka kepada ajaran Nabi Muhammad dan kitabnya. (2) Quraisy Shihab memaknai ahl al-kitab adalah dua kelompok agama besar yaitu Yahudi dan Nasrani. (3) Implementasi makna ahl al-kitab menurut Sayyid Quthb adalah sebagai berikut: Diperbolehkan toleransi antara umat beragama, Sembelihan ahl al-kitab halal hukumnya karena bentuk toleransi umat Islam terhadap Ahl al-kitab, Perempuan muslim diharamkan untuk menikah dengan laki-laki ahl al-kitab dan memperbolehkan laki-laki Islam dengan perempuan ahl al-kitab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
fitriani, lailatullailatulfitriani5@gmail.comE03212020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, MuhammadUNSPECIFIED195610101986031005
Subjects: Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ahl al-kitab; Al-Qur’an; Tafsir al-Misbah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fitriani Lailatul
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:42
Last Modified: 16 Aug 2019 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35202

Actions (login required)

View Item View Item