Integrasi kurikulum Madrasah Diniyah ke dalam kurikulum Pendidikan Dasar: studi kasus di SDI Nurul Yaqin Desa Wiyoro Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Muhammad Ikhbal Thoriq (2019) Integrasi kurikulum Madrasah Diniyah ke dalam kurikulum Pendidikan Dasar: studi kasus di SDI Nurul Yaqin Desa Wiyoro Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikhbal Thoriq Efendi_F02317092.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan siswa di sekolah dasar terhadap pendidikan agama Islam serta manajemen kurikulum yang kurang maksimal pada Madin. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan latar belakang integrasi kurikulum Madin dan SDI Nurul Yaqin, menjelaskan model integrasi kurikulum Madin dan SDI Nurul Yaqin, mendeskripsikan prospek integrasi kurikulum Madin dan SDI Nurul Yaqin. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui: interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis SWOT digunakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis prospek. Hasil penelitian ini adalah: 1) Latar belakang integrasi kurikulum Madin dan SDI Nurul Yaqin meliputi aspek filosofis dan praktis. Secara filosofis integrasi dilatarbelakangi oleh bangunan epistemologi, ontologi, aksiologi, sedangkan secara praktis dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan siswa terhadap PAI serta manajemen kurikulum Madin yang kurang maksimal. 2) Model integrasi kurikulum Madin dan SDI Nurul Yaqin. Untuk mewujudkan sosok yang memiliki kepribadian muslim yang tangguh, diperlukan struktur keilmuan integrative-interkonektif dan integrasi tradisi Madin. 3) Prospek integrasi kurikulum Madin dan SDI Nurul Yaqin menggunakan analisis SWOT dengan hasil masuk dalam kuadran I dengan rekomendasi strategi yang diberikan adalah progresif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Muhammad Ikhbal Thoriqiqbalthorieq@gmail.comF02317092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id197207111996031001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Efendi Muhammad Ikhbal Thoriq
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:32
Last Modified: 21 Aug 2019 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35211

Actions (login required)

View Item View Item