Dampak eco-efficiency dan profitabilitas terhadap maqashid syariah index pada green company (perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam indeks saham syariah indonesia tahun 2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suci, Syafira (2019) Dampak eco-efficiency dan profitabilitas terhadap maqashid syariah index pada green company (perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam indeks saham syariah indonesia tahun 2017). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SUCI REZA SYAFIRA_F02416100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat perusahaan menjadi semakin berkembang dengan tujuan lain, maka di saat bersamaan juga kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dapat terjadi. Hal ini menjadikan perusahaan untuk memperhatikan proses bisnis yang sesuai dengan tanggung jawab lingkungan yang menyebabkan munculnya konsep Eco-efficiency. Selain itu kinerja perusahaan juga dilihat dari profitabilitas. Dalam pelaksanaannya agar dapat mencapai tujuan perusahaan pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu sesuai dengan Maqashid Syariah (diukur melalui Maqashid Syariah Index/MSI). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan eco-efficiency terhadap maqashid syariah index pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam ISSI Tahun 2017; dan (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap maqashid syariah index pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam ISSI Tahun 2017. Metode dalam penelitian ini menggunakan environmental cost dan economic output pada laporan tahunan untuk eco-efficiency, ROA dan ROE untuk profitabilitas serta metode Sekaran pada perhitungan MSI. Sampel perusahaan yang digunakan adalah sebanyak 50 perusahaan manufaktur dari populasi sebanyak 115 perusahaan manufaktur pada tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eco-efficiency berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap MSI, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap MSI. Artinya pengungkapan variabel eco-efficiency kurang berdampak pada peningkatan nilai MSI pada perusahaan manufaktur, sedangkan profitabilitas berdampak pada peningkatan nilai MSI pada perusahaan manufaktur.

Kata Kunci : Eco-efficiency, Profitabilitas, Maqashid Syariah Index.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suci, Syafirasrezasyafira@gmail.comF02416100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, FatmahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Eco-efficiency, Profitabilitas, Maqashid Syariah Index.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syafira Suci Reza
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:23
Last Modified: 15 Aug 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35214

Actions (login required)

View Item View Item