Pembelajaran Tari Jumpritan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Hasyim Asy'ari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naziah, Sara Fitaqwin (2019) Pembelajaran Tari Jumpritan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Hasyim Asy'ari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sara Fitaqwin Naziah_D98215039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik kasar anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Hasyim Asy’ari Bratang Gede I Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian pada pembelajaran Tari Jumpritan yang mendapatkan nilai 3,34 yang tergolong sudah berkembang sesuai harapan (BSH) dan mampu melakukan tari jumpritan dengan dilihat dari hasil penilaian pembelajaran yang sudah dilakukan di Taman Kanak-kanak Hasyim Asy’ari Bratang Gede I Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari jumpritan yang digunakan untuk mengukur kemampuan motorik kasar anak kelompok A kelas Ummar Bin Khattab di Taman Kanak-kanak Hasyim Asy’ari Bratang Gede I Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode yang diigunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I, dan siklus II terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes serta dokumentasi berupa foto dan rekaman suara. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran tari jumpritan dapat meningkatkan motorik kasar anak, dan pada tahap siklus I menghasilkan nilai 2,8 yang tergolong mulai berkembang (MB) dengan presentase 50%. (2) pada siklus II menghasilkan nilai 3,2 yang tergolong berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 70%. Dan penilaian akhir di siklus II menggabungkan semua gerakan mendapatkan nilai 3,34 yang tergolong berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 90% dan telah memenuhi semua indikator yang telah ditentukan oleh peneliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naziah, Sara FitaqwinSarafita97@gmail.comD98215039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Naziah Sara Fitaqwin
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:34
Last Modified: 15 Aug 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35215

Actions (login required)

View Item View Item