Pemberdayaan Higher Order Thinking Skill melalui penerapan pembelajaran Fikih dengan strategi Discovery: studi kasus di MA Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dan MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Nur Hasanah (2019) Pemberdayaan Higher Order Thinking Skill melalui penerapan pembelajaran Fikih dengan strategi Discovery: studi kasus di MA Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dan MA Nurul Hikam Kesambirampak Kapongan Situbondo). Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
NUR HASANAH QOMARIAH_F02316069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan HOTS melalui penerapan pembelajaran fikih dengan strategi discovery. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pemberdayaan HOTS melalui penerapan pembelajaran fikih dengan strategi discovery studi kasus di MA Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dan MA Nurul Hikam Kesambirampak Situbondo. Bagaimana presepsi guru terhadap kemajuan berfikir tingkat tinggi siswa setelah diterapkannya pemberdayaan HOTS melalui penerapan pembelajaran fikih dengan strategi discovery studi kasus di MA Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dan MA Nurul Hikam Kesambirampak Situbondo. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan HOTS melalui penerapan pembelajaran fikih dengan strategi discovery studi kasus di MA Nurul Huda Peleyan Kapongan Situbondo dan MA Nurul Hikam Kesambirampak Situbondo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan HOTS melalui strategi discovery di kedua Madrasah mempunyai tahapan yang hampir sama. Kegiatan ini memberikan sumbangsih besar akan dunia pendidikan terutama dalam dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kognitif siswa hingga ditahap HOTS Siswa yang ada di kedua Madrasah memiliki kemampuan berpikir yang beragam, dan itu didapat melalui pemberdayaan HOTS dengan strategi discovery. Pembelajaran ini membuat siswa mencari masalah yang akan diselesaikan, mencari sumber reverensi untuk menjawab permasalahan. Faktor pendukung dan penghambat dari dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Beberapa upaya yang dilakukan oleh guru adalah menganalisis karakteristik siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Nur Hasanahiinunk028@gmail.comF02316069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKadir, Abdulkadirqi@yahoo.co.id2003085301
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qomariah Nur Hasanah
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:11
Last Modified: 16 Aug 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35220

Actions (login required)

View Item View Item