Hubungan keterlibatan orang tua siswa dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di MI Al Hidayah Pojokrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Yulia Tsaniatul (2019) Hubungan keterlibatan orang tua siswa dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di MI Al Hidayah Pojokrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yulia Tsaniatul Azizah_D03212035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hubungan keterlibatan orang tua siswa dalam Transparansi dan akuntabilitas keuangan sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan dukungan orang tua, masyarakat dan pemerintah dalam penyelenggaraan seluruh program pendidikan di sekolah. Disamping itu apabila prinsip transparansi dan akuntabilitas diterapkan di sekolah dapat menciptakan kepercayaan timbal balik antara pemerintah, masyarakat, orang tua siswa dan warga sekolah melalui penyediaan informasi dan menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat dan memadai. Dari pemaparan tersebut peneliti ingin meneliti sebuah sekolah yang bernama MI Al-Hidayah pojokrejo-kesamben-jombang. karena di sekolahan tersebut dari tahun ketahun banyak orang tua atau masyarakat yang mempercayakan pendidikan anak mereka kepada sekolahan tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel diambil dari perwakilan seluruh orang tua siswa yang diwakilkan oleh seluruh komite sekolah sejumlah 139 di MI AL-Hidayah Pojokrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment bertujuan untuk mengetahui hubungan keterlibatan orang tua siswa terhadap transparansi pengelolaan keuangan dan akuntabilitas pengolahan keuangan di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang. Untuk rumusan penelitian yang pertama, didapat hasil perhitungan untuk nilai koefisien korelasi didapat nilai r sebesar 0.223, dengan merujuk tabel interprestasi maka hubungan keterlibatan orang tua siswa dengan transparansi pengelolaan keuangan di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang mempunyai hubungan yang lemah dan positif/searah. Sedangkan untuk rumusan penelitian yang kedua, didapat hasil perhitungan untuk nilai koefisien korelasi didapat nilai r sebesar 0.408, dengan merujuk tabel interprestasi tabel 4.22 maka hubungan keterlibatan orang tua siswa dengan transparansi pengelolaan keuangan di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang mempunyai hubungan yang sedang dan positif/searah. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian peran orang tua terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di MI Al-Hidayah Pojokrejo Kesamben Jombang secara keseluruhan termasuk dalam kategori dengan kecenderungan sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Yulia TsaniatulYuliasany7@gmail.comD03212035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, AliUNSPECIFIED197612252005011008
Thesis advisorBachtiyar, MachfudUNSPECIFIED197704092008011007
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azizah Yulia Tsaniatul
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:35
Last Modified: 15 Aug 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35223

Actions (login required)

View Item View Item