Variasi bahasa Ceramah KH. Duri Ashari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ines Masyitoh Fitriani, Ines (2019) Variasi bahasa Ceramah KH. Duri Ashari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ines Masyitoh Fitriani_B01215022 WM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji variasi bahasa sebuah ceramah oleh KH. Duri Ashari di kota Blitar dalam rangka hari jadi kota Blitar ke 113. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana variasi bahasa ceramah KH. Duri Ashari? bagaimana fungsi penyampaian bahasa ceramah KH. Duri Ashari? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi (lapangan), wawancara mendalam dan dokumentasi (dalam bentuk teks ceramah, foto dan video). Jenis data yang diambil adalah teks ceramah KH. Duri Ashari yang terbagi menjadi dua puluh teks terpilih dari empat puluh lima teks yang ada. Selanjutnya data ini disajikan dan dianalisis menggunakan teks yang bersifat naratif. Kemudian langkah terakhir yaitu membuat kesimpulan dan verifikasi secara ringkas dan sistematis. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa ceramah KH. Duri Ashari mengandung variasi bahasa yang memiliki idiolek dengan ragam bahasa jurnalistik bercorak ragam akrab. Adapun ceramah KH. Duri Ashari berdasarkan fungsi penyampaian bahasanya dominan pada tindak tutur direktif dan ekspresif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ines Masyitoh Fitriani, Inesines_fitrie@yahoo.comB01215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Variasi bahasa; ceramah;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fitriani Ines Masyitoh
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:34
Last Modified: 15 Aug 2019 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35224

Actions (login required)

View Item View Item