Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Rational Emotive Behaviour untuk Meningkatkan Self Confidence pada Siswa Introvert di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Dewi Mitha Mauliddhah (2019) Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Rational Emotive Behaviour untuk Meningkatkan Self Confidence pada Siswa Introvert di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Mitha Mauliddhah Hanum_B03215009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan terapi Rational Emotive Behaviour untuk Meningkatkan Self Confidence pada Siswa Introvert di SMA Khadijah Surabaya ? 2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan terapi Rational Emotive Behaviour untuk meningkatkan Self Confidence pada Siswa Introvert di SMA Khadijah Surabaya. Alam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Permasalahan klien yakni memiliki karakter introvert dalam dirinya, tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungan sosial, merasa tidak mampu untuk mengembangkan potensi, dan selalu berpikiran negatif tentang orang lain padahal orang tersebut tidak menganggunya. Hal ini dapat mengakibatkan klien tidak memiliki sifat percaya diri dan tidak memiliki pendirian yang teguh sehingga klien tidak bisa menyesuaikan diri. Penerapan konseling dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan terapi Rational Emotive Behaviour, dengan teknik Reinforcement Positif ini dapat mendorong klien untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri selalu dipikirkan dengan memberikan penguatan positif berupa motivasi ajaran islam yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada klien bahwa yang dia lakukan selama ini salah dan hanya membuat dia tidak bisa berkembang dengan baik. Hal ini sama dengan permasalahan yang dihadapi klien sekarang. Hasil penerapan konseling ini yakni sudah mulai sedikit mengalami perubahan dalam dirinya dengan menunjukkan perilaku yang positif seperti sudah mulai mencoba untuk bersosialisasi dengan lingkungan sosial, sudah mulai mencoba untuk menanamkan hal-hal positif dalam dirinya yang nantinya akan bertujuan baik bagi masa depan klien, sudah mulai mengurangi sifat negatifnya kepada orang lain dan klien sudah mampu menunjukkan kemampuan yang dia punya, dan mulai tumbuh kepercayaan diri dalam diri klien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Dewi Mitha Mauliddhahdewimitha230@gmail.comB03215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaila, Faizah NoerUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational Emotive Behaviour; Self Confidence; Introvert
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hanum Dewi Mitha Mauliddhah
Date Deposited: 16 Aug 2019 01:56
Last Modified: 16 Aug 2019 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35227

Actions (login required)

View Item View Item