Da'wa Communication Model of Tombo Ati Community in The Netherlands

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidah, Mas Nur (2019) Da'wa Communication Model of Tombo Ati Community in The Netherlands. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Nur Zubaidah_B91215097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: pertama untuk mengetahui model Komunikasi Dakwah pada komunitas Tombo Ati di Belanda. Namun Secara terperinci penelitian ini akan mengkaji tentang, bagaiamna proses komunikasi dakwah pada komunitas Tombo Ati di Belanda dan implementasi nilai-nilai dakwah pada jamaah Tombo Ati terhadap kehidupan sehari-hari. Wajah Islam yang bagaimanakan yang dapat diterima? Maka, disini penulis lebih memfokuskan mengenai bagaimana model komunkasi dakwah yang terjadi pada komunitas Tombo Ati di Belanda. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Pendekatan deskriptif ini membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lain. Penggunaan pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini menjelaskan fenomena yang terjadi pada suatu komunitas yang bergerak di bidang dakwah, yakni Komunitas Tombo Ati di Den Haag Belanda yang penulis kembangkan melalui penelitian dan pembahasan yang mendalam. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa model komunikasi di komunitas Tombo Ati adalah model komunikasi dua arah yaitu komunikasi interaksional. Karena para da’i di komunitas ini mampu menstimulus jemaah sehingga jemaah atau mitra dakwah merespon apa yang di sampaikan komunikator kepada komunikan. Hal tersebut juga dibuktikan dengan penerapan nilai-nilai dakwah islam di kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidah, Mas Nurmasnurzubaidah@gmail.comB91215097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com196812301993031003
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Keywords: Model; Komunitas; Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zubaidah Mas Nur
Date Deposited: 16 Aug 2019 01:52
Last Modified: 16 Aug 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35231

Actions (login required)

View Item View Item