Implementasi ayat-ayat al Quran dalam sholawat Wahidiyah: studi living Qur'an terhadap ayat-ayat alquran di kalangan jam'iyah Penyiar Sholawat Wahidiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyhuri, Muhammad Fawzi (2019) Implementasi ayat-ayat al Quran dalam sholawat Wahidiyah: studi living Qur'an terhadap ayat-ayat alquran di kalangan jam'iyah Penyiar Sholawat Wahidiyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Fawzi Masyhuri_F02517173.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tesis ini membahas tentang bagaimana ayat al-Qur’an yang hidup dalam masyarakat atau disebut juga dengan istilah Living Qur’an. Dalam hal ini penulis membahas tentang “Implementasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Sholawat Wahidiyah.” Penulis melakukan penelitian terhadap ayat-ayat yang diamalkan dalam rangkaian Sholawat Wahidiyah.Fokus pembahasan dari penelitian tesis ini ialah terkait dengan Bagaimana Penafsiran Kontekstual dari Muallif dan pengamal Sholawat Wahidiyah terhadap Ayat-ayat Al-Qur’an yang tersusun dalam rangkaian Sholawat Wahidiyah dan Bagaimana Implementasi Ayat-ayat Al-Qur’an di kalangan Jam’iyah Penyiar Sholawat Wahidiyah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ayat al-Qur’an bisa digunakan sebagai doa. Ayat pertama yakni surat al-Dhariyat ayat 50 diyakini oleh para pengamal Wahidiyah sebagai doa agar yang mengamalkan bisa segera kembali mengabdikan diri dan sadar kepada Allah dan Rasul-Nya. Sadar dalam hal ini ialah menjalankan hal-hal yang diridlai Allah dan Rasul-Nya dan menghindarkan diri atau meninggalkan hal-hal yang tidak diridlai Allah dan Rasul-Nya. Dan ayat kedua yakni surat al-Isra’ ayat 81 dimaksudkan agar ketika sudah sadar kepada Allah SWT semoga perbuatan dan akhlak-akhlak yang jahat yang merugikan umat dan masyarakat segera diganti oleh Allah dengan akhlak yang baik, yang membuahkan manfaat dan menguntungkan umat dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyhuri, Muhammad Fawzifawzimasyhuri@gmail.comF02517173
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id196303271999032001
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Living qur'an; Sholawat Wahidiyah; jam'iyah Penyiar Sholawat Wahidiyah
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Masyhuri Muhammad Fawzi
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:12
Last Modified: 21 Aug 2019 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35237

Actions (login required)

View Item View Item