Analisis hukum Islam terhadap persyaratan pemasangan iklan PT. Karta Indonesia Global pada mitra motor grab Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Ahmad Yusuf Kresna Andi (2019) Analisis hukum Islam terhadap persyaratan pemasangan iklan PT. Karta Indonesia Global pada mitra motor grab Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Yusuf Kresna Andi Setyawan_C92215079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan judul “Analisis hukum Islam terhadap persyaratan pemasangan iklan PT.karta Indonesia global pada mitra motor grab Surabaya” skripsi ini ditulis dengan untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam rumusan masalah yaitu : bagaimana persyaratan pemasangan iklan PT.karta Indonesia global pada mitra motor grab Surabaya, bagaimana analisis hukum Islam terhadap persyaratan pemasangan iklan PT. karta Indonesia global pada mitra motor grab Surabaya. Dalam menyelesaikan skripsi ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan cara editing, organizing serta ditinjau dari hukum Islam tentang persyaratan pemasangan iklan PT.karta Indonesia global pada mitra motor grab Surabaya. Hasil penelitian menyimpulkan bawasannya persyaratan pemasangan iklan PT.karta Indonesia global pada mitra motor grab Surabaya ditemukan beberapa persyaratan meliputi persyaratan sebelum menjadi mitra dengan saat menjadi mitra. Sebelum menjadi mitra syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu STNK, KTP, kendaraan pribadi sedangkan persyaratan yang harus terpenuhi saat menjadi mitra yaitu harus menyelesaikan target sebanyak 1000Km/bulan, dan odometer yang baik. Persyataran 1000Km/bulan menjadi persyaratan yang wajib dipenuh apabilah mitra ingin mendapatkan keuntungan dari hasil kerjasamanya dengan karta. Praktek kerjaama antara kedua belah pihak di dasarkan pada akad shirkah karena keduanya sama-sama memiliki modal dan mengikatkan diri dengan saling bekerjasama. Bila ditinjau dari mas}lah}ah dengan melihat secara keseluaran maka dua hal tersebut terdapat mas}lah}ah dan mafsadah didalamnya mas}lah}ah karena praktek kerjasama pemasangan iklan PT.karta Indonesia global memberika lapangan pekerjaan, PT. karta Indonesia global telah memberikan inovasi berupa pemaanfaatan teknologi, dan memberikan media pemasaran bagi para pengusaha. Mafsadah sebab persyaratan yang diberikan oleh PT.karta Indonesia global merugikan beberapa pihak mitra apabilah tidak mencapai target tersebut. Jadi secara komprehensif bawasannya persyaratan pemasangan iklan PT.karta Indonesia globa masih memberikan mas}lah}ah meskipun akan merugikan beberapa pihak. Sejalan dengan kesimpulan yang penulis telah paparkan maka saran yang bisa penulis berikan yaitu : memberikan tambahan waktu bagi mitra yang belum menyelesaikan persyaratan, merubah persyaratan menjadi perKM selama sebulan agara mitra dapat mengkalkulasikan berapa keutungan yang mereka dapatkan dan meminimalisir kerugian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, Ahmad Yusuf Kresna Andikresnaandi987@gmail.comC92215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, MohammadUNSPECIFIED197001182002121001
Subjects: Hukum Islam > Musyarakah
Hukum Ekonomi
Keywords: Hukum Islam; Maslahah; Mafsadah; Persyaratan Pemasangan Iklan PT.Karta Indonesia Global
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Setyawan Ahmad Yusuf Kresna Andi
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:19
Last Modified: 16 Aug 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35238

Actions (login required)

View Item View Item