Implementasi Terapi Dzikir dalam Mengatasi Kbiasaan Ghibah Seorang Ibu di Desa Kedung Wonokerto Prambon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Nurul lailatul (2019) Implementasi Terapi Dzikir dalam Mengatasi Kbiasaan Ghibah Seorang Ibu di Desa Kedung Wonokerto Prambon. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Lailatul Khusna_B93215076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terapi Dzikir Untuk mengatasi Kebiasaan Ghibah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses dari pelaksanaan terapi Dzikir dalam mengatasi kebiasaan Ghibah seseorang? 2) Bagaimana hasil akhir terapi Dzikir dalam mengatasi kebiasaan Ghibah seseorang?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus dengan analisis data Framing, peneliti melakukan wawancara, mengamati dan mempelajari secara terperinci, mendalam dan menyeluruh terhadap perilaku ghibah klien. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses terapi dzikir dalam menangani kebiasaan ghibah seorang ibu. Adapun untuk mengetahui hasil akhir dari pemberian terapi Dzikir ini peneliti membandingkan antara kondisi sebelum dan sesudah terapi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses terapi Dzikir untuk mengatasi kebiasaan Ghibah ini menggunakan tahapan Dzikir pada umumnya. Namun yang membuat berbeda adalah bacaan dan pelaksanaan pada dzikirnya. Pada tahapan terapi ini klien diminta untuk dalam keadaan suci, selanjutnya klien diminta untuk duduk dengan tenang mencari posisi senyaman mungkin dan melepaskan beban masalah yang ada didalam fikirannya, konselor memberikan relaksasi agar klien tenang melupakan masalah dan beban difikirannya, kemudian klien membaca istighfar, dilanjut dengan membaca doa Sayyidul Istighfar secara lirih dan fokus memohon ampun kepada Allah SWT. Terakhir konselor memberikan motivasi dorongan untuk menjadi yang lebih baik.Kata Kunci: Terapi Dzikir, Ghibah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Nurul lailatulNurullailatul846@gmail.comB93215076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, AbdUNSPECIFIED196009011990031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Dzikir; Ghibah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: khusna Nurul Lailatul
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:52
Last Modified: 16 Aug 2019 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35239

Actions (login required)

View Item View Item