Pengembangan Desain Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan Dalam Membentuk Budaya Religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyaningsih, Puspa Mia (2019) Pengembangan Desain Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan Dalam Membentuk Budaya Religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puspa Mia Widiyaningsih_F12317309.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan desain kurikulum muatan lokal keagamaan dalam membentuk budaya religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal keagamaan di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang? 2) Bagaimana pembentukan budaya religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang? 3) Bagaimana pengembangan desain kurikulum muatan lokal keagamaan dalam membentuk budaya religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang? Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu, dilihat dari teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengembangan desain kurikulum muatan lokal keagamaan dalam membentuk budaya religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang, menunjukkan bahwa implementasi kurikulum muatan lokal keagamaan di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang telah berlangsung selama 3 tahun. Materi yang diajarkan dalam kurikulum muatan lokal ini lebih kepada materi yang mengasah keterampilan keagamaan peserta didik. Materi pelajaran yang diajarkan meliputi bidang shalat, baca tulis al-Qur’an, ibadah dan doa, serta hafalan surat. Sedangkan untuk pembentukan budaya religius di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang melalui beberapa cara diantaranya melalui kebijakan sekolah berupa peraturan-peraturan dan pembuatan program keagamaan, dan pemaksimalan fungsi simbol-simbol keagamaan. Pengembangan desain kurikulum muatan lokal keagamaan yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Jogoroto dalam membentuk budaya religius disekolah direalisasikan dalam program aplikasi keagamaan. Program ini ialah hasil dari pengembangan ektrakulikuler dalam kurikulum muatan lokal keagamaan. Selain itu guru juga melakukan pengembangan pada capaian pembelajaran atau learning outcomes muatan lokal keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyaningsih, Puspa Miapuspameiya0805@gmail.comF12317309
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, ZakkiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Kurikulum
Keywords: Pengembangan Desain ; Kurikulum Muatan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widiyaningsih Puspa Mia
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:34
Last Modified: 16 Aug 2019 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35255

Actions (login required)

View Item View Item