Terapi Kognitif Behavior Dengan Teknik Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Seorang Siswi SMP Islam Tanwirul Afkar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofi, Nurul Fahimatus (2019) Terapi Kognitif Behavior Dengan Teknik Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Seorang Siswi SMP Islam Tanwirul Afkar Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fahimatus Shofi_B93215109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Terapi Kognitif Behavior Dengan Teknik Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Seorang Siswi SMP IslamTanwirul Afkar Sidoarjo? (2) Bagaimana Hasil Akhir Proses Terapi Kognitif Behavior Dengan Teknik Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Seorang Siswi SMP Islam Tanwirul Afkar Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus deskriptif yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis deskriptif dengan membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi. Dalam menganalisa proses teknik manajemen diri untuk meningkatkan kedisiplinan belajar seorang siswi yang digunakan adalah berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses teknik manajemen diri untuk meningkatkan kedisiplinan belajar seorang siswi melalui beberapa tahapan, yakni: 1. Membuat pemantauan diri dengan konseli; 2. Memberi reward jika konseli telah mencapai target; 3. Membuat Kontrak atau perjanjian dengan melihat konsekuensi atau tujuan yang konseli inginkan; 4. Penguasaan terhadap rangsangan. Hasil akhir dalam penelitian ini tergolong berhasil karena dapat memenuhi empat indikator keberhasilan. Hasil ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli kearah yang lebih baik dan dapat meningkatkan kedisiplinan belajarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofi, Nurul Fahimatusnurulfahimatusshofi@gmail.comB93215109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarif_konselor@yahoo.co.id197708082007101004
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Kognitif Behavior; Manajemen Diri; Kedisiplinan Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Shofi Nurul Fahimatus
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:48
Last Modified: 19 Aug 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35260

Actions (login required)

View Item View Item