Relasi antara Pendidikan Politik dan Partisipasi Politik: studi kasus terhadap rendahnya partisipasi politik pemilih di kecamatan Waru pada pemilihan bupati Sidoarjo tahun 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Riyan Feriyanto (2019) Relasi antara Pendidikan Politik dan Partisipasi Politik: studi kasus terhadap rendahnya partisipasi politik pemilih di kecamatan Waru pada pemilihan bupati Sidoarjo tahun 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riyan Feriyanto Efendi_ I71214010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis relasi Pendidikan dan Partisipasi politik khususnya pada saat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2015 di Kecamatan Waru. Hal ini dikarenakan data dari KPU Sidoarjo yang menunjukan di Kecamatan Waru masih sangat minim sekali warga yang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2015 lalu. Skripsi ini juga bertujuan mengetahui sejauh mana warga di Kecamatan Waru memahami pendidikan politik dan pentingnya keikut sertaan mereka pada saat pemilu. Selain itu, skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat partisipasi warga Kecamatan Waru pada saat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2015. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan buku-buku, data-data yang berhubungan dengan penelitian diatas. Hasil dari penelitian dan temuan di lapangan menunjukan bahwa warga di Kecamatan Waru masiih minim sekali dalam pendidikan politik dan pendidikan politik jarang diberikan oleh lembaga-lembaga tertentu bahkan sampai tidak ditemukan sehingga menimbulkan partisipasi yang sekedar ikut-ikutan serta pengaruh dari luar yang tanpa ada kesadaran dari masing-masing individu. kurangnya pendidikan politik bagi warga di Kecamatan Waru berdampak pada rendahnya partisipasi warga Kecamatan Waru dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Tahun 2015. Adapun dari hasil penelitian menunjukan bahwa yang mempengaruhi rendahnya partisipasi wrga adalah kesibukan sehari-hari, kurangnya kepercayaan kepada kandidat-kandidat yang mencalonkan, dan program-progam yang tidak jelas. Sejalan dengan hasil penelitian diatas maka agar para lembaga-lembaga yang terkait lebih meningkatkan program-program pendidikan politik bagi wrga khususnya di Kecamatan Waru agar dapat menekan angka warga yang tidak berpartisipasi pada pemilu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Riyan Feriyantoriyanferiyanto_efendi@yahoo.comI71214010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzaky.politikislam@gmail.com1982123022011011007
Subjects: Politik
Keywords: Pendidikan Politik; Partisipasi Politik; Rendahnya Partisipasi Pemilih.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Efendi Riyan Feriyanto
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:37
Last Modified: 19 Aug 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35265

Actions (login required)

View Item View Item