Analisis hukum islam terhadap jual beli keris berdasarkan pengaruh usianya di desa aeng tongtong kecamatan saronggi kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tauhedy, Fahmi (2019) Analisis hukum islam terhadap jual beli keris berdasarkan pengaruh usianya di desa aeng tongtong kecamatan saronggi kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Tauhedy_C92215103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Keris Berdasarkan Pengaruh Usianya di Desa Aeng Tong-tong Kabupaten Sumenep. Untuk menjawab pertanyaan; 1) Bagaimana praktik jual beli keris di Desa Aeng Tong-tong; 2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap transaksi jual beli keris di Desa Aeng Tong-tong.Penelitian lapangan (field research) ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pisau analisis hukum Islam yang kemudian diuraikan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan pola pikir deduktif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data primer dalam penelitian ini melalui teknik editing, organizing serta teknik analyzing. Lalu data-data yang diperoleh dikumpulkan dari hasil wawancara dengan empu setempat, penjual dan pembeli berikut dengan dokumentasi yang terlampir.Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, dokumenter dan observasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan kesimpulannya diperoleh dengan logika deduktif.Atas dasar tersebut, patut kiranya dalam melakukan jualbeli keris di Desa Aeng Tong-tong, penjual harus tetap memperhatikan prinsip etika, kejujuran serta menghindari haramnya harta batil yang didapat dari praktik jualbeli yang tidak selaras dengan kaidah-kaidah jualbeli. Sehingga dengan begitu pembeli tidak ada yang merasa dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tauhedy, Fahmifahmitauhedy1998@gmail.comC92215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDRomdlon, Mromdlonawawi@gmail.com196212291991031003
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Kebudayaan Jawa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tauhedy Fahmi
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:46
Last Modified: 19 Aug 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35266

Actions (login required)

View Item View Item