Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Simpanan Berjangka Di Bmt Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Eggy Setia Pradana (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Simpanan Berjangka Di Bmt Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eggy Setia Pradana Putra_C02215017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Simpanan Berjangka di BMT Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik” Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan tentang bagaiamana prosedur dan implementasi pembiayaan simpanan berjangka di BMT Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap prosedur dan implementasi pembiayaan simpanan berjangka di BMT surya Raharja Cabang Campurejo Gresik. Data penelitian ini dihimpun melalui teknik interview dan dokumentasi yang selanjutnya dilakukan analisis secara kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Setelah itu penulis mendapatkan kesimpulanya diambil dengan mengunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ditemukan kesimpulan bahwa prosedur dan implementasi pembiayaan simpanan berjangka di BMT Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik yang pada proses sudah sesuai dengan teori mud}a>rabah dari segi pemutaran modal, modal tersebut disalurkan ke pembiayaan-pembiayaan yang ada di BMT Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik, tidak di salurkan ke hal yang negatif. Sedangkan dalam proses pembagian nisbah bagi hasil, dalam BMT Surya Raharja Cabang Campurejo Gersik dalam praktiknya nisbah bagi hasil sudah di tentukan dalam bentuk prosentase dengan adanya contoh pembagian bagi hasil antara nasabah dengan BMT tersebut. Berdasarkan temuan diatas disarankan pada pihak BMT untuk membuat pedoman yang jelas dan konkrit tengang produk-produk yang ada di BMT Surya Raharja Cabang Campurejo Gresik dalam bentuk brosur. Untuk nasabah agar lebih berhati-hati dan lebih teliti agar tidak terjadi hal-hal yang kemungkinan dapat bisa merugikan di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Eggy Setia PradanaEggypadanaputra06@gmail.comC02215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, MUNSPECIFIED196212291991031003
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam: Simpanan berjangka
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Putra Eggy Setia Pradana
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:45
Last Modified: 16 Aug 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35281

Actions (login required)

View Item View Item