Hubungan antara self compassion dengan efikasi diri pada santri penghafal al-qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahsani, Burhanudin (2019) Hubungan antara self compassion dengan efikasi diri pada santri penghafal al-qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Buhanudin Ahsani_B97212124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kinerja seseorang akan menjadi tidak stabil atau tidak maksimal apabila kondisi keyakinan seseorang tersebut tidak menentu. Salah satunya terjadi pada santri mahasiswa banyak yang ingin menghafalkan Al-Qur’an. Dari banyaknya jumlah santri penghafal al-qur’an saat ini hanya sedikit saja dari mereka yang mampu bertahan dan bisa menyelesaikan hafalanya sampai 30 juz. Hal tersebut disebabkan sulitnya untuk menghafal dan menjaga hafalanya karena begitu banyaknya masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self compassion dengan efikasi diri pada santri penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan korelasional. Alat ukur yang digunakan adalah skala Self Compassion yang berjumlah 25 item sedangkan, skala efikasi diri yang berjumlah 22 item. Subjek penelitian ini adalah santri penghafal al-quran santri yang sedang menghafal al-qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasan Ponorogo yang berjumlah 54 orang santri dari 108 popolasi orang santri. Hasil uji ini menggunakan uji statistika korelasi product moment , dengan nilai korelasi 0,000 dan nilai signifikan 0,716 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara self compassion, dan efikasi diri, karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α = 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah Hubungan self compassion dengan efikasi diri bersifat positif, yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang selaras. Semakin tinggi tingkat self compassion, maka semakin tinggi pula tingkat efikasi diri santri dalam menghafal alqur’an. Begitupun sebaliknya, apabila self compassion berada pada tingkat rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahsani, Burhanudinburhanudinahsani@gmail.comB97212124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatik--197605112009122002
Subjects: Psikologi
Keywords: Self Compassion; Efikasi Diri; Penghafal Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ahsani Burhanudin
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:30
Last Modified: 10 Dec 2021 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35287

Actions (login required)

View Item View Item