Kajian struktur komunitas makrobenthos dan kualitas lingkungan di ekosistem mangrove Pulau Lumpur Sidoarjo, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achsan, Nuril (2019) Kajian struktur komunitas makrobenthos dan kualitas lingkungan di ekosistem mangrove Pulau Lumpur Sidoarjo, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Achsan_H74215031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pulau Lumpur Sidoarjo memiliki potensi sekaligus ancaman dengan adanya kegiatan pembuangan lumpur Lapindo secara terus-menerus. Kegiatan tersebut dapat mempengaruhi kualitas lingkungan yang selanjutnya akan memberi dampak terhadap kelangsungan hidup biota di lingkungan mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas makrobenthos dan hubungannya dengan kualitas lingkungan di ekosistem mangrove Pulau Lumpur Sidoarjo. Pengambilan sampel dilakukan pada 3 stasiun, yaitu stasiun 1 berada di dekat tambak wanamina, stasiun 2 berada di ekosistem mangrove, dan stasiun 3 berada di area setengah kering dan terbuka. Makrobenthos yang ditemukan di tiap stasiun terdiri atas 2 kelas yaitu Gastropoda dan Bivalvia yang terbagi dalam 7 jenis makrobenthos. Kelimpahan makrobenthos di stasiun 1 sebesar 16 ind/m2, kelimpahan makrobenthos di stasiun 2 sebesar 49,66 ind/m2, dan kelimpahan makrobenthos di stasiun 3 sebesar 16 ind/m2. Indeks keanekaragaman makrobenthos di tiap stasiun berkisar antara 0,41-1,5. Indeks keseragaman berkisar antara 0,37-0,77. Indeks dominansi berkisar antara 0,28-0,75. Parameter perairan yang sesuai dengan baku mutu yaitu suhu, pH, salinitas, dan BOT, sedangkan parameter DO, nitrat, dan fosfat tidak sesuai dengan baku mutu. Kerapatan mangrove di stasiun 1 dan 2 termasuk kategori padat, sedangkan stasiun 3 termasuk kategori jarang. Kelimpahan makrobenthos berkorelasi kuat dengan suhu, DO, dan BOT, keseragaman makrobenthos berkorelasi paling kuat dengan salinitas dan BOT, sedangkan keanekaragaman dan dominansi makrobenthos berkorelasi paling kuat dengan salinitas, pH, nitrat, dan fosfat. Kerapatan dan penutupan mangrove berkorelasi besar dengan kelimpahan makrobenthos, sedangkan keanekaragaman, keseragaman dan dominansi makrobenthos berkorelasi rendah dengan kerapatan dan penutupan mangrove.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achsan, Nurilachsan1996@gmail.comH74215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com198405062014031001
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.com201409003
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Indeks
Keywords: Makrobenthos; Pulau Lumpur Sidoarjo; Indeks Ekologi; Kualitas Perairan; Kerapatan dan Penutupan Mangrove.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Achsan Nuril
Date Deposited: 16 Aug 2019 09:13
Last Modified: 16 Aug 2019 09:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35293

Actions (login required)

View Item View Item