Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran Fiqih materi Haji kelas V MI Unggulan Assa’adah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofa, Zakiyah Nurish (2019) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran Fiqih materi Haji kelas V MI Unggulan Assa’adah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyah Nurish Shofa_D97215117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman siswa kelas V-B MI Unggula Assa’adah Surabaya pada pembelajaran Fiqih materi Haji. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, dari 30 siswa, hanya 14 siswa yang tuntas atau mendapatkan nilai diatas KKM pada mata pelajaran Fiqih terutama materi Haji. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas V-B di MI Unggulan Assa’adah Surabaya? 2) Bagaimana Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas V-B di MI Unggulan Assa’adah Surabaya? Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II MI Unggulan Assa’adah Surabaya yang terdiri dari 30 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 80, dan meningkat menjadi 92,5 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70, dan meningkat menjadi 88,3 pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mata pelajaran Fiqih materi Haji pada pra siklus sebesar 59,6 dengan prosentase 47%, pada siklus I menjadi 70,9, dengan prosentase 66,66%, dan meningkat menjadi 85,9, dengan prosentase 93,33% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofa, Zakiyah Nurishzakiyahnurish@gmail.comD97215117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Haji
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Mind Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shofa Zakiyah Nurish
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:58
Last Modified: 16 Aug 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35300

Actions (login required)

View Item View Item