Optimalisasi Peran Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI sebagai Media Belajar Mahasiswa dalam Perspektif Islamic Corporate Governance

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur (2019) Optimalisasi Peran Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI sebagai Media Belajar Mahasiswa dalam Perspektif Islamic Corporate Governance. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini_G74215165.pdf

Download (959kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Optimalisasi Peran Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI dalam prespektif Islamic Corporate Governance” bertujuan untuk menguji sejauh mana penerapan Islamic Corporate Governance yang telah diterapkan oleh Laboratorium tersebut. Data penelitian ini terhimpun dari wawancara secara langsung dengan pihak Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI baik secara langsung kepada ketua dan pengurus yang didukung data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang diangkat penulis. Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan di Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI sesuai dengan karakteristik Islamic Corporate Governance yaitu Accountability, Responsibility dan Independency misalnya Rapat Anggota Tahunan yang berisi laporan pertanggungjawaban selama satu tahun, keterbukaan informasi pada saat Rapat Anggota Tahunan, adanya sistem yang memudahkan transaksi jual beli di minimarket, memberikan kesempatan kepada seluruh anggota untuk berjualan di minimarket Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI. Namun dalam penerapan Transparancy dan Fairness belum diterapkan secara optimal berupa tidak terbukanya proses open recrutment pengurus dan kurang tegasnya sanksi/peringatan yang diberikan apabila anggota melakukan kesalahan. Saran dari penulis untuk Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI adalah sebaiknya mengadakan open recrutment secara terbuka kepada seluruh mahasiswa dan memberikan peringatan atau sanksi kepada anggota/pengurus apabila melakukan kesalahan dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, NurNnurainikelasf@gmail.comG74215165
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby CandraUNSPECIFIED201603311
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Optimalisasi; Islamic Corporate Governance; Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aini Nur
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:19
Last Modified: 16 Aug 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35302

Actions (login required)

View Item View Item