Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta'limul Muta'alim Dan Kitab Bidayatul Hidayah Serta Relevansinya Dengan Program Pendidikan Karakter Di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyyah, Aliyyah (2019) Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta'limul Muta'alim Dan Kitab Bidayatul Hidayah Serta Relevansinya Dengan Program Pendidikan Karakter Di Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ALIYYAH_F52317370.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ta’limul Muta’allim dan kitab “Bidayat al-Hidayah” sebuah kitab panduan hasil karya dari Ulama’ besar Al-zarnuji dan Al-Ghazali, mengajak kepada setiap muslim untuk menjadi makhluk yang baik secara total dalam pandangan Allah dan manusia, yang diajarkan melalui sentuhan akhlak-tasawuf. Yang menjadi fokus penelitian ini yaitu pada nilai-nilai pendidikan karakter yang termaktub dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Al-zarnuji dan kitab “Bidayat al-Hidayah” karya al-Ghazali. Rumusan masalah dan tujuannya untuk mengetahui: (1) Nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan kitab “Bidayat al-Hidayah” dan (2) Bentuk paparan dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan kitab “Bidayat al- Hidayah (3) Relevansi nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan kitab “Bidayat al- Hidayah” al-Ghazali dengan pendidikan karakter di Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan kitab “Bidayat al- Hidayah”. Teknik pengumpulan data dengan cara menggali bahan-bahan pustaka yang koheren dan relevan dengan objek pembahasan yang dikaji. Adapun pendekatan yang digunakan adalah deskriptif. Analisisnya menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data.Hasil sebagai berikut: (1) nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim antara lain: memiliki niat yang baik, musyawarah, rasa hormat, sabar dan tabah, kerja keras, meyantuni diri, bercita-cita tinggi, sederhana, saling menasehati, istifadzah (mengambil pelajaran), tawakkal. Sedangkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab “Bidayat al-Hidayah” adalah niat baik mencari ilmu, zikrullah, menggunakan waktu dengan baik, menjauhi larangan Allah, etika seorang pendidik, akhlak peserta didik menjaga kesopanan terhadap pendidik, menjaga etika terhadap orang tua, menjaga hubungan baik dengan orang awam, teman dekat, dan orang yang baru dikenal.(2) Paparan kitab Ta’lim Muta’allim dalam bentuk bait/ nadzom, narasi, diskripsi yang disajikan dalam fasal-fasal. Sedangkan dalam kitab Bidayat Al-Hidayah dalam bentuk narasi, diskripsi disajikan dalam bentuk bab. Relevansi nilai pendidikan akhlak dalam kitab kitab Ta’lim Muta’allim dan kitab “Bidayat al-Hidayah” dengan pendidikan karakter mengandung penanaman nilai-nilai yang meliputi karakter religius, disiplin, tanggung jawab, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, toleransi, jujur, demokratis, menghargai prestasi dan peduli sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyyah, Aliyyahaliyyahhanan@gmail.comF52317370
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, MokhamadUNSPECIFIED197310131997031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aliyah Aliyah
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:43
Last Modified: 16 Aug 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35306

Actions (login required)

View Item View Item