Pengembangan Model Pembelajaran TAKE A FLASH untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tahfidz al Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Wahyu (2019) Pengembangan Model Pembelajaran TAKE A FLASH untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tahfidz al Qur'an. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Utami_F12317316.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tahfidz al Qur’an.Menghafal al Qur’an penting untuk dikembangkan di setiap lembaga pendidikan Islam baik sekolah formal maupun non formal. Karena menghafal merupakan usaha menjaga keotentikan al Qur’an yang mutlak menjadi kewajiban bagi umat Islam, membentuk pribadi yang berakhlak islami dan meningkatkan intelektualitas. Sebagai pelajaran penting, maka proses pembelajaran tahfidz al Qur’an harus berjalan dengan baik dan menyenangkan yang salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan memfasilitasi berbagai modalitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan terhadap model pembelajaran TAKE A FLASH untuk meningkatkan hasil belajar siswa tahfidz al Qur’an, memvalidisi produk yang dikembangkan dan menguji efektifitas penggunaan model pembelajaran TAKE A FLASH. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan tahapan yaitu (1) Analysis meliputi menganalisis kurikulum, karakteristik siswa dan kebutuhan. (2) Design meliputi perencanaan dan penyusunan (desain) model pembelajaran (3) Development meliputi pengembangan model pembelajaran TAKE A FLASH, validasi ahli dan praktisi terhadap model pembelajaran (4) Implementation yakni uji coba model pembelajaran TAKE A FLASH untuk mengetahui tingkat kelayakan/respon siswa dan (5) Evaluation yaitu mengevaluasi pelaksanaan penggunaan model pembelajaran.Hasil penelitian dan pengembangan model pembelajaran TAKE A FLASH untuk meningkatkan hasil belajar tahfidz al Qur’an Pertama pengembangan model pembelajaran tahfidz al Qur’an berupa tahapan-tahapan pembelajaran tahfidz al Qur’an yang memfasilitasi berbagai karakteristik dan modalitas belajar siswa, dengan langkah-langkah: Orientasi (Orientation), masyarakat belajar (Learning Community), evaluasi (Evaluation), penghargaan (Reinforcement), refleksi dan kegiatan tindak tanjut. Kedua hasil validasi dari pakar/ahli dan praktisi menyatakan bahwasanya validasi terhadap produk yang dikembangkan layak untuk diuji cobakan atau digunakan dalam pembelajaran tahfidz al Qur’an dengan hasil uji validasi ahli/pakar pembelajaran dan praktisi 86%, dan ahli materi 82,5%. Ketiga pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 5% (0,05) diperoleh hasil t-hitung > t-tabel yaitu 3,91 > 2,36462 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap model pembelajaran yang dikembangkan, ketiga dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat efektif dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar siswa tahfidz al Qur’an di SDIT al Ibrah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, WahyuWahyuutami099@gmail.comF12317316
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi FatimaturUNSPECIFIED197212272005012003
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Model pembelajaran ; TAKE A FLASH
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Utami Wahyu
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:22
Last Modified: 16 Aug 2019 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35310

Actions (login required)

View Item View Item