Strategi pesantren dalam mengembangkan Multitalenta Santri melalui kegiatan Muhadharah: studi kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Langkap Besuki Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, M. Dafiq (2019) Strategi pesantren dalam mengembangkan Multitalenta Santri melalui kegiatan Muhadharah: studi kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Langkap Besuki Situbondo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Dafiq Ardiansyah_F52317373.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran pesantren dari dulu tidak pernah lepas dari peran edukatif yang murni mengajarkan ilmu-ilmu keislaman. Untuk menjawab tantangan era globalisasi yang modern dan sangat dinamis ini, pesantren dituntut bukan saja untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik pesantren yang hanya sekedar menguasai ilmu agama saja, tetapi juga bagaimana pesantren bisa mengembangkan potensi para santrinya sesuai dengan bakat alami yang dimilikinya sejak lahir sebagai bekal menghadapi tantangan kemajuan informasi dan teknologi zaman sekarang. Dalam mewujudkan hal itu Pondok Pesantren Miftahul Ulum menggunakan media kegiatan muhadharah sebagai alat untuk mengembangkan talenta-talenta yang dimiliki santri. Sehubungan dengan hal itu maka fokus dalam penelitian ini adalah :1) bagaimana strategi pondok pesantren Miftahul Ulum dalam menemukan talenta santri? 2) bagaimana proses pengembangan multitalenta santri melalui kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum? 3) apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pengembangan multitalenta santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data, penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Dari hasil analisa dan pembahasan dalam penelitian ini terungkap bahwa strategi pondok pesantren dalam menemukan talenta santri dengan cara identifikasi kemampuan yang dimiliki santri. Proses pengembangan multitalenta santri melalui kegiatan muhadharah yang diadakan secara kontinyu setiap dua minggu sekali dengan pengembangan dan inovasi muhadharah. Faktor pendukung dalam pengembangan multitalenta santri antara lain, dukungan segenap pengurus termasuk pengasuhnya, didampingi oleh pembimbing atau Mentor Muhadharah yang berpengalaman dan berkualitas, motivasi tinggi santri-santri untuk belajar Muhadharah. Sedangkan faktor penghambat antara lain santri yang tidak berani tampil karena kurang percaya diri (malu), minimnya jam terbang, belum mampu untuk berimprovisasi, santri sering diluar konteks dan juga pengaruh santrisantri colokan atau santri kalong dilingkungan sekolah pendidikan formal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, M. Dafiqzardimovic@gmail.comF52317373
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamah--196903211994032003
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ardiansyah Dafiq
Date Deposited: 11 Nov 2019 08:39
Last Modified: 11 Nov 2019 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35312

Actions (login required)

View Item View Item